MULTINETICS
Vol 2, No 2 (2016): MULTINETICS Nopember (2016)

Identifikasi Kebutuhan Operasional CRM untuk Monitoring Tugas Akhir

Purwanti, Endah (Unknown)
Zaman, Badrus (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2016

Abstract

Customer Relationship Management (CRM) telah berkembang menjadi sebuah strategi, proses, dan teknologi untuk memperkuat hubungan perusahaan dengan pelanggannya, melalui customer life-cycle. Tren pada e-bisnis menunjukkan perubahan dari product-centric menjadi customer-centric. Universitas atau perguruan tinggi dapat mengambil keuntungan dari CRM melalui peningkatan proses student-facing. Pada penelitian ini dilakukan identifikasi kebutuhan operasional CRM untuk monitoring Tugas Akhir, dengan mengambil studi kasus di program studi D3 Sistem Informasi Fakultas Vokasi Unair. Identifikasi dilakukan dengan menggunakan model IDIC (Identify, Differentiate, Interact and Customize). Identifikasi kebutuhan merujuk pada konsumen yang ada. Aktor yang diidentifikasi sebagai konsumen sistem monitoring tugas akhir adalah mahasiswa, dosen pembimbing dan koordinator program studi.  Tahap diferensiasi dilakukan pada masing-masing aktor untuk mendapatkan kepentingan dan kebutuhan terhadap informasi yang dihasilkan oleh sistem. Identifikasi kebutuhan fungsional digambarkan dalam sebuah use case diagram. Secara umum kepentingan tiap aktor adalah akses informasi secara langsung ke dalam sistem. Kemudahan dalam mendapatkan informasi akan meningkatkan kepuasan konsumen dalam mendapatkan informasi dan memutuskan strategi yang dipilih untuk memperlancar pengerjaan tugas akhir

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

multinetics

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Multinetics is a peer-reviewed journal is published twice a year (May and November). Multinetics aims to provide a forum exchange and an interface between researchers and practitioners in any computer and informatics engineering related field. Scopes this journal are Content-Based Multimedia ...