Populis : Jurnal Sosial dan Humaniora
Vol 4, No 1 (2019)

EVALUASI IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENGETAHUAN DI KATOR PELAYAHAN PAJAK PRATAMA JAKARTA

Rebin Sumardi (Program Studi Ekonomi dan Bisnis, Universitas Nasional)
Suharyono Suharyono (Program Studi Ekonomi dan Bisnis, Universitas Nasional)
Elwisam Elwisam (Program Studi Ekonomi dan Bisnis, Universitas Nasional)
Hendi Aldrianto (Kantor Pelayanan Pajak Tamansari Dua, Jakarta)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2021

Abstract

Manajemen pengetahuan memberikan suatu peluang untuk perubahan dan nilai informasi dan perpustakaan untuk menjadikan diri relevan terhadap perkembangan zaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penerapan manajemen pengetahuan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Tamansari Dua Jakarta. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif sederhana melalui teknik pengamatan obyek di lapangan dan studi pustaka.  Berdasarkan hasil penelitian dan evaluasi ternyata Kantor Pelayanan Pajak Tamansari Dua telah mengimplementasikan Manajemen Pengetahuan secara baik dan konsisten sehingga proses pencapain tujuan telah memiliki dasar yang dijadikan acuan dalam bekerja serta telah menunjukan hasil yang cukup signifikan dalam usaha mencapai kinerja individu dan organiasi. Inovasi dan perkembangan institusi menjadi lebih cepat karena dengan pola siklus knowledge management tersebutsemua pengetahuan terarsip dengan baik dan dapat diakses dengan mudah oleh seluruh anggota. Namun demikian diperlukan kemauan masing-masing individu dalam insitusi anggota untuk mengeksplisitkan semua tacit knowledge yang dimiliki sehingga bisa disebarluaskan kepada anggota lain.

Copyrights © 2019