Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas VII di SMP Negeri 18 Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian quasi eksperimental design dengan menggunakan bentuk desain nonequivalent control grup design. Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas VII. Teknik dalam pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling maka sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.8 dan kelas VII.10. Adapun teknik pengumpulan data yaitu teknik dokumentasi dan observasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data yaitu teknik analisis data statistik parametris melalui uji hipotesis dengan menggunakan uji independent sample t-tes dan hasil analisis diperoleh nilai sig sebesar .000 karena signifikansi .000 < .05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media animasi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas VII di SMP Negeri 18 Palembang. Kata-kata kunci: Media Animasi, Motivasi Belajar Siswa, PPKn.
Copyrights © 2017