Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKN
Vol 6, No 1 (2019): Bhineka Tunggal Ika : Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn

PERSEPSI ORANGTUA DI DESA EPIL KECAMATAN LAIS KABUPATEN MUSI BANYUASIN TEHADAP PENAYANGAN SINETRON REMAJA DI TELEVISI

amrilla amrilla (FKIP Universitas Sriwijaya)
Umi Chotimah (FKIP Unsri)
alfiandra alfiandra (FKIP UNSRI)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi orangtua di Desa Epil Kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyuasin terhadap penayangan sinetron remaja di televisi. Metode penelitian yang digunakan ialah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, populasi dalam penelitian ini merupakan masyarakat Desa Epil Kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyuasin dengan jumlah 1.005 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive dengan penarikan tingkat kesalahan 10% dari jumlah populasi yaitu, 217 orang yaitu usia 34-50 tahun. Penelitian ini menggunakan variabel bebas dengan enam indikator, yaitu rasa hormat terhadap pandangan keagamaan, rasa hormat terhadap hal pribadi, kesopanan dan kesusilaan, pembatasan adegan seks, kekerasan dan sadisme, perlindungan terhadap anak-anak, remaja dan perempuan dan penggolongan program dilakukan menurut usia khalayak. Teknik pengumpulaan data menggunakan tehnik dokumentasi dan angket. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa persepsi orangtua di Desa Epil Kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyuasin terhadap penayangan sinetron remaja di televisi adalah positif. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil angket yang peneliti gunakan pada enam indikator sebagai tolak ukur penelitian dengan hasil persentase skor pada kedua kelompok usia >50% yang menjawab ya, yang artinya persepsi yang mereka berikan adalah positif. Kata kunci: Persepsi orangtua, sinetron remaja di televisi, Desa Epil.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jbti

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Bhineka Tunggal Ika (BTI), p-ISSN 2355-7265, is an online peer-reviewed journal and aims to provide a forum for researchers, professionals, lecturer, and educational practitioners on all topics related to civics education or PPKn. Bhineka Tunggal Ika consists of high-quality technical manuscripts on ...