Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia berbasis flypaper dinyatakan valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kreatifitas siswa pada matapelajaran PPKn di SMP Negeri 18 Palembang. Jenis penelitian ini menggunakan Research and Development/R&D dengan model pengembangan menggunakan model ADDIE dengan melalui lima tahap, yaitu tahap analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Tahap penilaian dilakukan dengan menggunakan metode evaluasi formatif Tessmer. Evaluasi ahli dilakukan oleh 3 pakar terkait materi, media dan bahasa. Ahli materi dengan nilai rata-rata sebesar 4.0 dan termasuk dalam kategori valid. Ahli media dengan nilai rata-rata sebesar 3.45 dan termasuk dalam kategori Valid. Ahli bahasa dengan nilai rata-rata sebesar 4.0 dan termasuk dalam kategori Valid. Pada tahap one to one diperoleh nilai rata-rata sebesar 4.3 termasuk dalam kategori sangat praktis dan pada tahap small group diperoleh nilai rata-rata sebesar 4.2 termasuk dalam kategori sangat praktis. Sedangkan tahap field test untuk mengetahui efektivitas multimedia berbasis flypaper diperoleh nilai sebesar 85.16 dan termasuk dalam kategori sangat baik. Adapun teknik analisis data menggunakan walktrough, wawancara, angket dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia berbasis flypaper dinyatakan valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kreatifitas siswa di SMP Negeri 18 Palembang. Kata Kunci: Pengembangan, Multimedia Berbasis Flypaper, Kreatifitas Siswa, PPKn
Copyrights © 2018