Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika
Vol 7, No 1 (2019): VOLUME 7 NOMOR 1 JUNI 2019

INVENTARISASI SAINS ASLI SUKU MALIND: UPAYA DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM IPA KONTEKSTUAL PAPUA BERBASIS ETNOSAINS

Supriyadi Supriyadi (Universitas Musamus)
Evy Nurvitasari (Universitas Musamus)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginventarisasi sains asli yang tumbuh dan berkembang dalam suku Malind (Papua) sebagai bahan dalam pengembangan Kurikulum IPA berbasis Etnosains. Penelitian ini dilaksanakan di kampung-kampung yang berada diwilayah kabupaten Merauke yang didiami oleh masyarakat suku Malind. Data tentang sains asli pada penelitian ini diperoleh dari hasil observasi dilapangan, partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi selama hasil penelitian, selanjutnya dilakukan triangulasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan terdapat 11 topik sains asli yang memiiki penjelasan logis secara ilmiah dan dapat digunakan dalam pembelajaran IPA SMP. Hasil dari penelitian ini, berupa data tentang sains asli suku Malind dapat dijadikan acuan serta ilustrasi dalam pembelajaran sains di sekolah. Serta dari penelitian ini muncul rekomendasi bagi Kementerian Pendidikan khususnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Merauke untuk mengakomodasi sains asli suku Malind agar dapat diintegrasikan dalam pembelajaran sains disekolah.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

edusains

Publisher

Subject

Education

Description

Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika (p-ISSN 2238-4387; e-ISSN 2580-3247) is peer-reviewed journal published biannually in June and December. The Journal is published by Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya ...