Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika
Vol 7, No 1 (2019): VOLUME 7 NOMOR 1 JUNI 2019

KAJIAN IMPLEMENTASI STUDI MATEMATIKA PADA KELAS INKLUSI DI SMPN 10 PEKALONGAN

Drajat Stiawan (IAIN Pekalongan)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika pada kelas inklusi di SMP N 10 Kota Pekalongan. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan dalamĀ  pengumpulan data meliputi: teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada tahun pelajaran 2017/2018 di SMPN 10 Pekalongan terdapat total 19 siswa berkebutuhan khusus, dengan rincian 7 siswa berkebutuhan khusus pada kelas VII, 6 siswa berkebutuhan khusus pada kelas VIII, dan 6 siswa berkebutuhan khusus pada kelas IX. Hasil penelitian ini didapat bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran matematika bagi siswa reguler dan siswa berkebutuhan khusus bersama dalam satu kelas; (2) Guru matematika pada pelaksanaan pembelajaran sudah mengkondisikan siswa baik secara fisik maupun psikis; (3) Metode dan media pembelajaran sama antara siswa reguler dan berkebutuhan khusus; dan (4) Kegiatan evaluasi melalui tes tertulis maupun lisan ketika satu bahasan selesai.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

edusains

Publisher

Subject

Education

Description

Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika (p-ISSN 2238-4387; e-ISSN 2580-3247) is peer-reviewed journal published biannually in June and December. The Journal is published by Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya ...