Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA
Vol 6 No 1 (2019)

Bagaimana cara mengembangkan LKS IPA berbasis inquiry untuk SMP?

Retno Ria Sriningsih (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Astuti Wijayanti (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)



Article Info

Publish Date
22 May 2019

Abstract

LKS merupakan salah satu bahan ajar yang berperan penting dalam pembelajaran IPA sehingga membantu siswa dalam mengkonstruk pengetahuannya. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan LKS berbasis inquiry siswa kelas VII SMP. 2) mengetahui kelayakan produk LKS berbasis inquiry siswa kelas VII SMP. Metode penelitian dengan menggunakan R&D dengan desain model 4D namun dibatasi pada tahap define, design dan develop saja. Penelitian ini tidak sampai tahap Disseminate karena keterbatasan dana dan waktu. Kualitas LKS IPA berbasis inquiry dinilai oleh ahli media, ahli materi, peer reviewer, guru, dan siswa. Data nilai kualitas yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif berdasarkan kategori penilaian ideal. Penilaian kelayakan produk dan respon guru siswa dilakukan dengan menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas LKS berbasis inquiry adalah Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan sebesar 83,15%, sedangkan penilaian dan respon siswa terhadap LKS kualitasnya Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan sebesar 81,45%. LKS ini selain membantu siswa, juga sangat memudahkan guru dalam melaksanakan model pembelajaran inquiri sehingga memerdekakan siswa dalam melakukan aktivitas ilmiahnya.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

NATURAL

Publisher

Subject

Education

Description

Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA offers an interdisciplinary forum for the publication of original peer-reviewed, contributed and invited research articles of the highest quality that address different topics of science education with implications for improving and enhancing science education ...