Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)

Strategi Pengembangan Buku Muatan Lokal Bahasa Sasak di Kabupaten Lombok Barat

Taufiqqurrahman Taufiqqurrahman (UNU NTB)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2019

Abstract

Bahan ajar muatan lokal Bahasa sasak adalah buku sumber belajar yang di gunakan oleh guru dan siswa di SMP Negeri 3 Lingsar, dimana dalam buku bahan ajar tersebut secara tampilan cover maupun kontennya masih memerlukan sentuhan dalam bentuk desain grapis maupun pemilihan konten dari bahan ajar, hal itu perlu dilakukan karena melihat gaya belajar siswa di sekolah tersebut sudah terjadi pergeseran gaya dan minat belajar mereka. Hal itulah yang mendorong penelitian ini dilakukan dalam rangka memenuhi gaya belajar siswa dan siswi SMP Negeri 3. Selanjutnya strategi pengembangan Bahan ajar ini terdiri dari 3 produk yaitu: bahan ajar, panduan guru dan panduan siswa. Bahan ajar ini dikembangkan berdasarkan kajian teknologi pembelajaran dengan mengacu kepada rancangan pembelajaran model Dick, Carey and Carey, dengan langkah-langkah: (1) mengidentifikasi kebutuhan untuk menentukan tujuan umum pembelajaran; (2) melakukan analisis pembelajaran; (3) mengidentifikasi karakteristik peserta didik; (4) merumuskan tujuan pembelajaran; (5) mengembangkan instrumen penelitian; (6) mengembangkan strategi pembelajaran; (7) mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran; (8) mendesain dan melaksanakan evaluasi formatif; (9) merevisi produk pembelajaran, (10) merancang dan melakukan evaluasi sumatif. Namun dalam pengembangan ini hanya dilakukan sampai langkah kesembilan. Hasil pengembangan divalidasi dan uji coba produk pengembangan melalui evaluasi formatif yang terdiri dari penilaian ahli dan uji coba. Penilaian ahli meliputi: (1) ahli isi/materi; (2) ahli desain; (3) ahli media. Sedangkan uji coba meliputi: (1) uji coba perorangan; (1) uji coba kelompok kecil; (1) uji coba lapangan. Didapati data sebagai berikut: ahli isi 73 %, ahli media 84 %, ahli desain pembelajaran 90.4 %, uji coba perorangan 68 %, review uji coba kelompok kecil 82 %, dan uji coba lapangan 89%. Berdasarkan hasil evaluasi formatif yang telah dilakukan terhadap bahan ajar bahasa sasak dapat disimpulkan bahwa bahan ajar bahasa sasak yang dikembangkan termasuk dalam kriteria sangat layak digunakan dan tidak perlu revisi, dengan demikian bisa disimpulkan bahwa bahan ajar ini layak digunakan untuk menunjang pembelajaran bahasa sasak di SMP 3 Negeri 3 Lingsar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JIME

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) is a scientific publication related to education, Social, and Politics is the result of literature studies, study of issues, and the results of research that develops in the community. This journal uses Indonesian. Publish 2 times every ...