cover
Contact Name
Noni Antika Khairunnisah
Contact Email
lpp.mandala@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
lpp.mandala@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
ISSN : 24429511     EISSN : -     DOI : -
Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) is a scientific publication related to education, Social, and Politics is the result of literature studies, study of issues, and the results of research that develops in the community. This journal uses Indonesian. Publish 2 times every year.
Arjuna Subject : -
Articles 874 Documents
PENGARUH DIET OCD (OBSESSIVE CORBUZIER DIET) TERHADAP PENURUNAN KADAR LEMAK DAN BERAT BADAN PADA MAHASISWA PUTRA DAN PUTRI IKIP MATARAM Sakti, Nune Wire Panji; Muhsan, Muhsan; Mulyajaya, M. Satria
Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (408.477 KB)

Abstract

Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, salah satunya dengan melakukan diet disertai dengan aktivitas fisik seperti berolahraga. Beberapa waktu ini, di Indonesia tengah demam sebuah diet unik dengan hasil yang sangat mengejutkan yang dikenal dengan sebutan OCD (Obsessive Corbuzier Diet). Intinya OCD adalah diet dengan berpuasa menggunakan sistem jendela makan dan menerima latihan yang ramah lingkungan telah di siapkan. Salah satu program latihan yang ditawarkan adalah O7W (OCD 7 Minute Work Out). Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengkaji dan menjelaskan tentang pengaruh diet OCD (Obsessive Corbuzier Diet) terhadap kadar lemak dan berat badan pada mahasiswa putra dan putri IKIP Mataram, 2) Mengkaji dan menjelaskan tentang pengaruh diet kelompok kontrol terhadap kadar lemak dan berat badan pada mahasiswa putra dan putri IKIP Mataram, dan 3) Mengkaji dan  menjelaskan mana yang lebih baik pengaruhnya antara diet OCD (Obsessive Corbuzier Diet) dengan diet kelompok kontrol terhadap kadar lemak dan berat badan pada mahasiswa putra dan putri IKIP Mataram. Jenis penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen semu (Quasi experimental design). Rancangan penelitian ini menggunakan Non equivalent control group design. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa putra dan putri IKIP Mataram. Teknik analisis data menggunakan program SPSS 16 dengan analisis Descriptive Statistic, sedangkan prasyarat uji normalitas dianalisis dengan Kruskal Wallis Test, uji homogenitas dianalisis dengan Levene Statistic, dan uji t dengan Paired Sample Test dan Multivariate Analysis of Varians (MANOVA). Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa: 1) Metode diet OCD memberikan pengaruh terhadap kadar lemak dan berat badan. Untuk kadar lemak persentase penurunan sebesar 11.007% sedangkan untuk berat badan persentase penurunan  sebesar 8.285%, 2) Diet kelompok kontrol tidak memberikan pengaruh terhadap kadar lemak dan berat badan. Untuk kadar lemak meningkat sebesar -0.36% sedangkan untuk berat badan meningkat sebanyak -0.73%, dan 3) Perbedaan pengaruh antara diet OCD dan diet kelompok kontrol menunjukkan bahwa pada variabel kadar lemak kelompok diet OCD terdapat perbedaan rata-rata (mean difference) yang memiliki pengaruh paling signifikan adalah pada kelompok diet OCD sebesar 3.46, sedangkan untuk variabel berat badan terdapat perbedaan rata-rata (mean difference) yang memiliki pengaruh paling signifikan adalah pada kelompok diet OCD sebesar 5.16
Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas Senyatanya Dengan Mengefektifkan Supervisi Akademik Di SD Negeri 15 Ampenan Semester Dua Tahun Pelajaran 2017/2018 Sukendri, Ni Kadeq
Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Ilmiah Mandala Education
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (41.763 KB)

Abstract

Rendahnya kompetensi Guru Kelas dalam proses pembelajaran di kelas. Solusinya yaitu dengan mengefektifkan pelaksanaan supervisi akademik. Permasalahannya apakah pelaksanaan supervisi akademik dapat meningkatkan kompetensi guru dalam proses pembelajaran di kelas semester dua tahun pelajaran 2017/2018 di SD Negeri 15 Ampenan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan supervisi akademik dalam upaya meningkatkan kompetensi Guru Kelas dalam pembelajaran di kelas, yang manfaatnya bagi kepala sekolah adalah untuk mengetahui peningkatan kompetensi guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus, masing-masing siklus kegiatannya ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah; 1) hasil observasi kepala Sekolah maupun observasi guru selama proses pendampingan telah memperoleh skor rata-rata > 4,0, 2) hasil akhir > 85% dari jumlah peserta pendampingan memperoleh nilai rata-rata > 80,00 (kategori baik). Hasil penelitian pada siklus I observasi Kepala Sekolah rata-rata (3,40), observasi guru rata-rata (3,50) dan hasil supervisi akademik guru kelas rata-rata nilai (61,75). Pada siklus II observasi kepala Sekolah rata-rata (4,70), observasi guru rata-rata (4,67) dan hasil supervisi akademik di sasaran rata-rata nilai (85,87). Indikator keberhasilan telah tercapai, penelitian di nyatakan berhasil dan dihentikan pada siklus II. Kesimpulan; Hasil penelitian pada siklus ke 2 menunjukkan peningkatan kompetensi Guru dalam proses pembelajaran di kelas senyatanya. Disarankan agar Kepala Sekolah lainnya melakukan penelitian sejenis dalam upaya peningkatan kompetensi guru, dan kepada guru kelas sejenis agar melakukan proses pembelajaran sesuai dengan skenario yang telah direncanakan dengan baik, tanggung jawab, bersunggung-sungguh demi peningkatan prestasi belajar peserta didik sesuai dengan bidang studi/mata pelajaran yang menjadi tanggung jawabnya.
PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA QS. AT-TIN SISWA KELAS IX SEMESTER I PADA SMP NEGERI 1 SANO NGGOANG TAHUN PELAJARAN 2014/ 2015 Abdul Sudin
Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (43.236 KB) | DOI: 10.36312/jime.v1i1.1

Abstract

Permasalahan yang ingin dikaji dalam dalam penelitian tindakan ini adalah: (a) bagaimana penerapan metode tutor sebaya pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) khususnya pada materi  QS. AT-Tin? (b) Bagaimanakah  hasil  metode tutor sebaya terhadap peningkatan kemampuan memabaca  QS. AT-Tin? Tujuan penelitian yang hendak diperoleh adalah untuk mendapatkan gambaran tentang: (a) gambaran obyektif dari penerapan metode tutor sebaya pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)  khususnya pada materi  QS. AT-Tin? (b) hasil  metode tutor sebaya terhadap peningkatan kemampuan memabaca  QS. AT-Tin? Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Sano Nggoang. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (77,8%), siklus II (88,9%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode tutor sebaya  dapat berpengaruh positif terhadap Kemampuan Membaca QS. AT-Tin Siswa IX A SMP Negeri 1 Sano Nggoang , serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran ilmu pengetahuan sosial.
MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA MATERI DIALOG INTERAKTIF MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING PADA SISWA KELAS IX SMPN 1 SANO NGGOANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Hieronimus T. K Very Much
Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (85.969 KB) | DOI: 10.36312/jime.v1i1.11

Abstract

rendahnya aktifitas dan hasil belajar siswa terhadap materi pada pelajaran Bahasa Indonesia tentang Dialog Interaktif pada kelas IX SMPN 1 Sano Nggoang. Berdasarkan hasil diskusi dengan supervisor II, maka Penulis menetapkan tujuan perbaikan dengan menggunakan metode cooperative learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode cooperative learning tentang materi Dialog Interaktif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX SMPN 1 Sano Nggoang. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Sano Nggoang Desa Sano Nggoang, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat pada semester I Tahun Pelajaran 2014/2015 selama 3 bulan, yaitu mulai bulan Agustus sampai dengan bulan Oktober tahun 2014. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan mulai dari pra siklus, siklus I, siklus II yaitu nilai rata-rata pra siklus sebesar 61, siklus satu sebesar 70, dan siklus II sebesar 79. Sedangkan siswa yang tuntas belajar, pra siklus sebanyak 31 orang atau 65%, siklus I sebanyak 38 orang atau 80%, dan siklus II sebanyak 45 orang atau 95%.
PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN PANCASILA. Ismail Marzuki
Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (39.259 KB) | DOI: 10.36312/jime.v1i1.12

Abstract

Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram (IKIP Mataram) yang melaksanakan program pendidikan sarjana telah melaksanakan perintah undang-undang, dalam proses pembelajaran dituntut mahasiswa untuk kreatif sehingga menimbulkan generasi-generasi bangsa yang inovatif. Sebagai bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tridharma perguruan tinggi diperlukan suatu kreasi dan inovasi yang beragam sehingga membentuk pendidik yang professional sesuai dengan tuntutan undang-undang. Untuk itu, dosen diperlukan produktivitasnya dalam melaksanakan tridharma sehingga akan membentuk karakter pendidik yang memenuhi kompetensi yang di amanahkan oleh undang-undang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan mahasiswa yang menggunakan metode belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik interview dan observasi langsung. Data yang dihasilkan menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif mahasiswa berdasarkan latar belakang pendidikan adalah 9.24% kurang,  50.76% baik, 40% sangat baik dan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa berdasarkan kemampuan akses teknologi informasi adalah 7.12% kurang,  40.88% baik, 52% sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa pada mata kuliah pendidikan pancasila.
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI Ida Mawaddah
Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (303.529 KB) | DOI: 10.36312/jime.v1i1.13

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe think pair share terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran IPS Ekonomi siswa kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMA yang terdiri dari 2 (dua) kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluser random sampling yaitu pengambilan dua kelas secara acak dan ditempatkan kelas XI-2 sebagai kelas eksperimen dan XI-1 sebagai kelas kontrol, kelompok eksperimen diberi penerapan pembelajaran cooperative learning tipe think pair share sedangkan kelas kontrol tidak diberikan. Data prestasi siswa diperoleh dengan menggunakna metode tes. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik, rumus yang digunakan adalah rumus t-test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung sebesar 2,875 dan nilai ttabel ­pada taraf signifikan 5% dengan db = 24 + 24 – 2 = 46 sebesar 2,681, hal tersebut menunjukkan thitung lebih besar dari ttabel (2,875>2,681). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adaa pengaruh dari penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe think pair share terhadap prestasi belajar IPS Ekonomi.
Analisis Kapasitas Vital Paru Terhadap VO2Max Mahasiswa Baru FPOK IKIP Mataram Tahun Akademik 2015 / 2016 Isyani Isyani
Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (420.524 KB) | DOI: 10.36312/jime.v1i1.136

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Kapasitas Vital Paru  terhadap VO2Max Mahasiswa Baru FPOK IKIP Mataram 2015 / 2016. Populasi pada penelitian ini adalah Mahasiswa Baru FPOK IKIP Mataram 2015/2016 yang memiliki latar belakang atlet. Sampel pada penelitian ini berjumlah 24 orang menggunakan teknik sampling Purposive Sampling. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif non eksperimen dengan teknik analisis analisis Regresi sederhana. Berdasarkan hasil analisis data dalam melihat pengaruh kapasitas vital paru terhadap VO2Max dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan kapasitas vital paru terhadap VO2Max. Hal ini diperoleh dari nilai t hitung =  7.22 dengan signifikansi < α 0,005 yang bermakna semakin tinggi nilai X   maka akan semakin tinggi pula nilai Y atau semakin tinggi kapasitas vital paru seseorang maka diprediksikan akan semakin tinggi pula nilai VO2Max nya
UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE STAD PADA MATERI BOLA VOLI MATA PELAJARAN PENJASKES PADA SISWA KELAS IV SD INPRES KEONG TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Ahmad Yani
Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (77.625 KB) | DOI: 10.36312/jime.v1i1.3

Abstract

upaya meningkatkan aktifitas dan prestasi belajar siswa melalui penerapan metode STAD pada materi bola voli mata pelajaran penjaskes pada siswa kelas IV SD INPRES KEONG Tahun pelajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini Mendeskripsikan proses pembelajaran melalui penerapan metode STAD dapat meningkatkan aktifitas dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data secara deskriptif kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data melalui pengamatan dan tes. Hasil yang diperoleh dari penerapan metode STAD dapat meningkatkan aktifitas dan prestasi belajar siswa pada materi bola voli. Hal ini disebabkan karena kesiapan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sudah sangat baik, perhatian siswa sudah terfokus.. Suasana kelas hidup. Kompetisi antarkelompok belajar terjadi sangat tinggi. Pengelolaan kelas mudah. Dan ketuntasan belajar dapat dicapai 90,22%.
MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI FPB DAN KPK MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING PADA SISWA KELAS VI SD INPRES KEONG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Gervasius Kanisius Densi
Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (117.922 KB) | DOI: 10.36312/jime.v1i1.4

Abstract

Rendahnya aktifitas dan hasil belajar siswa terhadap materi pada pelajaran matematika tentang FPB dan KPK pada kelas VI SD I Keong semester satu. Berdasarkan hasil diskusi dengan supervisor II, maka Penulis menetapkan tujuan perbaikan dengan menggunakan metode cooperative learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode cooperative learning tentang materi FPB dan KPK pada mata pelajaran matematika yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD I Keong. Penelitian ini dilaksanakan di SD I Keong Desa Sano Nggoang, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat pada semester I Tahun Pelajaran 2014/2015 selama 3 bulan, yaitu mulai bulan September sampai dengan bulan November tahun 2014. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan mulai dari pra siklus, siklus I, siklus II yaitu nilai rata-rata pra siklus sebesar 61, siklus satu sebesar 70, dan siklus II sebesar 79. Sedangkan siswa yang tuntas belajar, pra siklus sebanyak 13 orang atau 65%, siklus I sebanyak 16 orang atau 80%, dan siklus II sebanyak 19 orang atau 95%.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA I INDAHNYA KEBERSAMAAN SUB TEMA 3 BERSYUKUR ATAS KEBERAGAMAN MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDI KEONG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Hysinta Tuti
Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (109.643 KB) | DOI: 10.36312/jime.v1i1.5

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa pada tema I Indahnya Kebersamaan Sub tema 3 Bersyukur Atas Kebersamaan Kelas IV SDI Keong Semeste I, dengan tujuan perbaikan menggunakan metode cooperative learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode cooperative learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV SD 1 Keong pada tema I Indahnya Kebersamaan Sub tema 3 Bersyukur atas Keberagaman. Penelitian ini di lakukan di SD 1 Keong Desa Sano Nggoang, Kecamatan,  Sano Nggoang Kabupaten Manggarai Barat pada semester I (satu) Tahun Pelajaran 2014/2015, yaitu mulai mulai bulan September sampai bulan November tahun 2014. Hasil peneliian ini menunjukan adanya peningkatan mulai dar pra siklus, siklus satu dan siklus dua, yaitu nilai rata-rata pra siklus sebesar 2.73, siklus I sebesar 3.02 dan siklus II sebesar 3.45. sedangkan siswa yang tuntas belajar pra siklus sebanyak 16 orang atau 64%, siklus I sebanyak 19 0rang atau 76% dan siklus II sebanyak 24 orang atau 96%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan metode cooperative learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 1 Keong pada tema I Indahnya Kebersamaan sub tema 3 Bersyukur Atas Keberagaman.

Page 1 of 88 | Total Record : 874