cover
Contact Name
Noni Antika Khairunnisah
Contact Email
lpp.mandala@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
lpp.mandala@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
ISSN : 24429511     EISSN : -     DOI : -
Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) is a scientific publication related to education, Social, and Politics is the result of literature studies, study of issues, and the results of research that develops in the community. This journal uses Indonesian. Publish 2 times every year.
Arjuna Subject : -
Articles 1,197 Documents
SOSIALISASI DAN ADAPTASI MASYARAKAT MAYORITAS BUDHA DI DUSUN LENEK DESA BENTEK KECAMATAN GANGGA KABUPATEN LOMBOK UTARA Safruddin Safruddin
Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (414.694 KB) | DOI: 10.36312/jime.v2i2.90

Abstract

Indonesia adalah satu negara yang memiliki beranekaragam etnis dan agama. Keanekaragaman ini menjadi salah satu kekayaan kehidupan berbudaya dan religi, banyaknya  etnis dan agama tersebut tidak terlepas dari sejarah kebudayaan Indonesia pada masa lalu.Dalam penelitian tentang Sosialisasi dan Adaptasi Masyarakat Minoritas Budha di desa Lenek Dusun Lenek Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara sebagai interaksi sosial masyarakat desa Lenek Dusun Lenek Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara ini peneliti menggunakan Metode Fenomenologi. Bedasarkan penelitian yang telah dilakukan maka hasil dapat disimpulkan : 1. Pengaruh Bali memang sangat kental dalam kebudayaan Lombok hal tersebut tidak lepas dari ekspansi yang dilakukan oleh kerajaan Bali sekitar tahun 1692 di bagian barat pulau Lombok dalam waktu yang cukup lama. Dampak dari pengaruh ini antara lain terjadi akulturasi antara budaya lokal dengan kebudayaan pendatang. Hal tersebut dapat dilihat dari tercampuran dalam kesenian khas Lombok misalnya nyongkolan, serong serah dan lain sebagainya. 2. Para pemeluk Budha di Dusun Lenek adalah masyarakat yang pandai bersosialisasi dan beradaptasi dengan baik sehingga berbaur dengan baik dari zaman dulu hingga saat ini. 3. Dalam menjalani kehidupan sosialnya tidak bisa dipungkiri akan ada gesekan-gesekan yang akan dapat terjadi antar kelompok masyarakat, baik yang berkaitan dengan ras maupun agama.
PEMANFAATAN MODEL GINJAL DAN LKS BERJENJANG DALAM PEMBELAJARAN SISTEM EKSKRESI MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX1 SMP NEGERI 1 WAWO Eddy Ilhamsyah
Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (413.33 KB) | DOI: 10.36312/jime.v3i2.353

Abstract

This teaching innovation research aims at knowing whether or not the use of Kidney Model and Step-by-step Students’ Worksheet can increase learning motivation and learning outcomes of Grade IX1 students of SMPN 1 Wawo in school year 2015/2016. Data collection were conducted by using progressive test instruments, performance test instrument, the observation forms of students’ learning observation, and questionnaire toward the use of kidney model and step-by-step students’ worksheet in teaching Human Excretion System. The quantitative data analysis on the result of progressive test was conducted by using the analysis of progressive test result form, while the qualitative data analysis on observation technique was by scoring on each aspect observed or on their answer alternatives. Based on the analysis of progressive test result in the last two years (previous condition), the number of students acquiring score above the passing grade was 13 (47.27%) on average, and those whose score was below the passing grade was 14.5 students (52.72%) with the average score was 61.18. However, the result of students’ progressive test after the teaching innovation implemented was significantly increased in which the students who got above the passing grade were 19 (86.39%)  in total, and those who failed were only 3 (13.63%) with the average score was 75.45. It indicates that the students’ scores were higher than the passing grade (KKM) demanded on Basic Competence of Human Excretion System, i.e. 75.00 (85%) on average. Furthermore, the data analysis on students’ motivation in learning Human Excretion System using the kidney model and step-by-step students’ worksheet shows that from 22 students, the average score on the students’ attention on the experiment (teaching-learning activity) was 3.70 or 92.5 meaning outstanding, questioning and giving opinion 3.09 or 77.25 (good), and the participation in group-work 3.40 or 85 (outstanding). Thus, the average score on students’ learning motivation was 3.39 or 84.75 meaning outstanding. Based on the data analysis above, it is concluded that the use of Kidney Model and Step-by-Step Students’ Worksheets in teaching Human Excretion System can increase motivation and learning outcomes of Grade IX1 Students of SMPN 1 Wawo in School Year 2015/2016
MANAJEMEN PEMBINAAN PPLM FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR Noor Akhmad; Ali Muhaimin; P. Muhammad Yusuf
Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (169.108 KB) | DOI: 10.36312/jime.v3i1.28

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memperoleh data tentang pengelolaan dalam pembinaan PPLM Atletik dan Pencak silat  FIK UNM. Metode penelitian ini menggunakan observasi terus terang, structured interview, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan jenis triangulasi dilakukan hingga peneliti cukup dalam mendapatkan data yang diharapkan. Proses analisa data menggunakan model spradley untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh adalahsistem pengelolaan dalam pembinaan dengan demikian proses penyelenggaan manajemen PPLM FIK UNM secara teoritis belum melaksanakan fungsi-fungsi manajemen dengan baik banyak kelemahan di dalam pelaksanaan, pemeliharaan, monitoring dan evaluasi program terhadap monitoring dan evaluasi program terhadap pengelolaan PPLM merupakan tantangan dan kendala yang harus dicari solusinya prinsip dasar untuk mengatasi masalah pengelolaan pembinaan yang dilakukan secara komprehensif sebagaimana ditetapkan dalam PPLM adalah melalui penggalangan koordinasi yang lebih bersinergi dengan berbagai pihak instansi terkait merupakan solusi terbaik.
Pengaruh Latihan Small Side Game Dan Latihan Passing Berpasangan Terhadap Kemampuan Passing Atas Dalam Permainan Bola Voly Pada Siswa Kelas VIII SMPN 3 Tanjung Tahun Pelajaran 2016/2017 Adi Suriatno
Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (852.251 KB) | DOI: 10.36312/jime.v3i1.295

Abstract

Permainan bola voli sebagai salah satu olahraga yang cukup popular di masyarakat, di gemari oleh lelaki dan wanita, mulai dari anak- anak sampai dengan orang tua. Selain dari itu permainan bolavoli memiliki karakteristik daya tarik tertentu sehingga menarik perhatian banyak orang untuk melakukannya.banyaknya peminat serta daya tarik permainan bolavoli, sebabnya adalah kesederhanaan permainannya dengan hanya membutuhkan sedikit perlengkapan. Sifat khas dari permainan bolavoli ialah pada peraturan permainannya. Penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menguji signifikansi nilai t-test hasil penelitian diperlukan derajat m kebebasan (df) dan tarafsignifikansi. Pada peneitian ini besarnya df adalah (N-1) yakni 45-1= 44. Dalam table nilai-nilai t berdasarkan taraf signifikansi 5% dengan df 44 yang paling mendekati adalah pada df 45 pada t tabel (t-test) menunjukkan bilangan 2,02 sedangkan nilai t hasil penelitian (t-hit) sebesar 6,175. Dengan demikian nilai t-hitung hasil penelitian ini lebih besar dari nilai t dalam table yakni (6,175 > 2,02) pada taraf signifikansi 5% sehingga hasil penelitian ini dapat dinyatakan “Signifikasi”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ada Pengaruh Pengaruh Latihan Small Side Game Dan Latihan Passing Berpasangan Terhadap Kemapuan Passing Atas Dalam Permainan Bola Voly Pada Siswa Kelas VIII SMPN 3 Tanjung Tahun Pelajaran 2016/2017
KARAKTERISTIK PERGESERAN AKTIVITAS METAKOGNITIF SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA Intan Dwi Hastuti; Sutarto Sutarto
Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (721.347 KB) | DOI: 10.36312/jime.v3i1.170

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pergeeseran aktivitas metakognitif sisswa dalam pemecahan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif eksploratif. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa tugas pemecahan masalah matematika jenis Model Eliciting Activities (MEA), pedoman wawancara, dan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada empat macam karakteristik untuk  pergeseran aktivitas metakognitif konstruktif dan perfektif. Karakteristik pergeseran aktivitas metakognitif konstruktif yaitu 1) terjadi karena pengaruh diskusi kelompok, 2) siswa memeriksa kembali pemikiran matematisnya, 3) terjadi perubahan aktivitas metakognitif siswa dari aktivitas metakognitif individu ke aktivitas metakognitif sosial, dan 4) siswa membangun kembali struktur berpikir yang baru dalam pemecahan masalah matematika. Selanjutnya, karakteristik pergeseran aktivitas metakognitif perfektif yaitu 1) terjadi karena pengaruh diskusi kelompok, 2) siswa memeriksa kembali pemikiran matematisnya, 3) terjadi perubahan aktivitas metakognitif siswa dari aktivitas metakognitif individu ke aktivitas metakognitif sosial, dan 4) siswa melengkapi kembali struktur berpikir awalnya dalam pemecahan masalah matematika.
PENGARUH DIMENSI-DIMENSI NILAI YANG DIPERSEPSIKAN, KEPUASAN, KETERLIBATAN, DAN KEPERCAYAAN MEREK PADA LOYALITAS MEREK Selva Selva; Baiq Reinelda Tri Yunarni; Rahmad Hidayat
Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (501.796 KB) | DOI: 10.36312/jime.v2i2.125

Abstract

Pelanggan yang loyal adalah tujuan utama pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan. Adanya inkonistensi teori pada penelitian-penelitian terdahulu. Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh dimensi-dimensi nilai yang dipersepsikan (nilai fungsional, nilai emosional, kepantasan harga, dan nilai sosial), kepuasan, keterlibatan, dan kepercayaan merek pada loyalitas merek. Selain itu, menguji peran mediasi kepuasan dalam hubungan dimensi-dimensi nilai yang dipersepsikan pada loyalitas merek. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan, dengan judul “Pengaruh Dimensi-Dimensi Nilai yang Dipersepsikan, Kepuasan, Keterlibatan, dan Kepercayaan Merek Pada Loyalitas Merek.” Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif, metode pengumpulan data melalui survey, alat pengumpulan data berupa kuesioner dengan skala pengukuran data menggunakan skala Likert. Responden pada penelitian ini adalah para pemilik dan pengguna laptop bermerek, berjumlah 300 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling, yaitu purposive sampling. Teknik pengujian validitas instrumen menggunakan faktor analisis, sedangkan pengujian reliabilitas instrumen menggunakan Cronbach alpha. Alat analisa data yang digunakan adalah multiple regression. Temuan dalam penelitian ini adalah terbukti bahwa adanya pengaruh nilai fungsional, nilai emosional, nilai sosial, kepuasan, dan kepercayaan merek pada loyalitas merek. Namun, tidak ada pengaruh kepantasan harga dan keterlibatan pada loyalitas merek. Ternyata, adanya peran mediasi sebagian variabel kepuasan terhadap pengaruh nilai fungsional dan nilai sosial pada loyalitas merek. Juga terdapat hasil adanya peran mediasi penuh variabel kepuasan terhadap pengaruh nilai emosional dan kepantasan harga pada loyalitas merek
Analisis Kemampuan Guru Dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Alat Peraga (KIT IPA) Di SD Negeri 41 Mataram M. Zainal Mustamiin; M. Chairul Anam
Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (139.813 KB) | DOI: 10.36312/jime.v4i2.479

Abstract

tujuan dari penelitian ini untuk (1) Mengetahui kemampuan guru dalam menggunakan alat peraga (KIT IPA) dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar dan (2) Memberikan pemahaman kepada guru di sekolah dasar terhadap prosedur dalam menggunakan alat peraga (KIT IPA) dalam pembelajaran IPA. Kemampuan guru dalam pembelajaran IPA menggunakan alat peraga dan KIT IPA perlu keterampilan dan pelatihan khusus. Dalam KIT IPA menyediakan keseluruhan materi ilmu pengetahuan alam (IPA) yang harus dibuktikan dengan melalukan percobaan terhadap materi yang akan diajarkan.  Materi-materi yang tersedia dalam KIT IPA di kelas tinggi (4,5, dan 6) diantaranya: (1) alat-alat untuk melakukan percobaan; (2) gambar peraga untuk peragaan; dan (3) daftar nama-nama benda dan bahan-bahan yang diperlukan untuk melakukan percobaan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan kusioner sebagai instrument pengumpulan data
Mengefektifkan Supervisi Akademik Dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Kelas Dalam Proses Pembelajaran Semester Satu Tahun Pelajaran 2016/2017 SD Negeri 27 Ampenan Baiq Masnun
Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (376.08 KB) | DOI: 10.36312/jime.v3i1.19

Abstract

Rendahnya kompetensi Guru Kelas dalam proses pembelajaran di kelas. Solusinya yaitu dengan mengefektifkan pelaksanaan supervisi akademik. Permasalahannya apakah pelaksanaan supervisi akademik dapat meningkatkan kompetensi guru dalam proses pembelajaran di kelas semester satu tahun 2016/2017 di SD Negeri 27 Ampenan . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan supervisi akademik dalam upaya meningkatkan kompetensi Guru Kelas dalam pembelajaran di kelas, yang manfaatnya bagi kepala sekolah adalah untuk mengetahui peningkatan kompetensi guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus, masing-masing siklus kegiatannya ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah; 1) hasil observasi kepala Sekolah maupun observasi guru selama proses pendampingan telah memperoleh skor rata-rata > 4,0, 2) hasil akhir > 85% dari jumlah peserta pendampingan memperoleh nilai rata-rata > 75,00 (kategori baik). Hasil penelitian pada siklus I observasi Kepala Sekolah rata-rata (3,50), observasi guru rata-rata (3,67) dan hasil supervisi akademik guru kelas rata-rata nilai (68,83). Pada siklus II observasi kepala Sekolah rata-rata (4,50) dengan prosentase ketercapaian (100%), observasi guru rata-rata (4,67) dengan prosentase ketercapaian (83,33%) dan hasil supervisi akademik di sasaran (guru bahasa inggris) rata-rata nilai (89,35) dengan prosentase ketercapaian (100%). Indikator keberhasilan telah tercapai, penelitian di nyatakan berhasil dan dihentikan pada siklus II. Kesimpulan; Hasil penelitian pada siklus ke 2 menunjukkan peningkatan kompetensi Guru dalam proses pembelajaran di kelas senyatanya. Disarankan agar Kepala Sekolah lainnya melakukan penelitian sejenis dalam upaya peningkatan kompetensi guru, dan kepada guru kelas sejenis agar melakukan proses pembelajaran sesuai dengan skenario yang telah direncanakan dengan baik, tanggung jawab, bersunggung-sungguh demi peningkatan prestasi belajar peserta didik sesuai dengan bidang studi/mata pelajaran yang menjadi tanggung jawabnya.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Bangun Datar Melalui Pendekatan RME ( Realistic Mathematics Education) Model Ekspositori Pada Siswa Kelas V SDN 2 Darmaji Kec. Kopang Tahun Pelajaran 2016/ 2017 Abdul Majid
Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (356.515 KB) | DOI: 10.36312/jime.v3i2.157

Abstract

Matematika hingga saat ini  bagi sebagian besar siswa  beranggapan  sebagai mata pelajaran yang menjemukan dan membosankan. Kesenjangan pegetauan matematika dengan kebutuhan siswa ,khususnya siswa sekolah dasar masih dalam tahap bermain mempertajam anggapan bahwa  matematika dianggap tidak ada hubungannya dengan dunia nyata,masih merupakan hal yang abstarak. Hal ini dipertanjam lagi dengan pendapat Soedjadi ( 1999) menyatakan bahwa keabstrakan matematika karena objek dasarnya abstrak, yaitu fakta, konsep, operasi dan prinsip. Berdasrakan hal tersebut diatas maka perlu dijembatani dengan model pembelajaran matematika yang menarik, mudah dipahami siswa, menggugah semangat, menantang terlibat, dan pada akhirnya menjadikan siswa  berminat, senang, dan akhirnya cerdas matematiak. Maka penggunan pendekatan RME ( Realistic Mathematics Education) merupakan upaya untuk meningkatkan hasil pembelajaran. Dari hasil analisis diperoleh bahwa hasil belajar siswa meningkat dari siklus , sampai siklus 2 yaitu, siklus 1 ( 46,00) dan Siklus 2 (75,62), dengan demikian Pendekatan RME ( Realistic Mathematics Education) dapat meningkatkan hasil belajar siswa SDN  2 Darmaji , serta model pembelajaran ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Matematika
ANALISIS PENGARUH PENERAPAN SISTEM BAGI HASIL TERHADAP TINGKAT PENYERAPAN DANA MASYARAKAT PADA PT. BANK BIAS CABANG BIMA TAHUN 2005-2008 Sukardi Sukardi
Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (330.791 KB) | DOI: 10.36312/jime.v2i2.114

Abstract

Bank merupakan lembaga keuangan yang mempunyai peranan penting bagi aktivitas perekonomian. Bank sebagai usaha merupakan lembaga perantara keuangan sebagai prasarana pendukung yang sangat vital untuk menunjang kelancaran perekonomian suatu negara pada umumnya dan kegiatan moneter pada khususnya. Dapat dikatakan bahwa bank merupakan inti dari sistem keuangan negara karena bank merupakan lembaga keuangan yang menjadi tempat bagi masyarakat baik perusahaan, badan-badan pemerintah swasta, maupun perorangan untuk menyimpan dananya. Kemudian bank menyalurkan dananya tersebut melalui kegiatan perkreditan yang diberikan kepada masyarakat dan dalam bentuk jasa lainnya. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah tingkat bagi hasil deposito yang diberlakukan mempunyai pengaruh yang signifikan (nyata) terhadap jumlah dana deposito yang terserap oleh PT Bank BIAS Cabang Bima periode 2005-2008. sehingga tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat bagi hasil deposito terhadap jumlah dana deposito yang diserap oleh PT Bank BIAS Cabang Bima periode 2005-2008. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan pengaruh tingkat bagi hasil deposito terhadap penyerapan dana deposito yang dapat diserap oleh PT Bank BIAS Cabang Bima. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Sederhana, Analisis Koefisien dan Analisis Koefisien Determinasi. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan analisis koefisien korelasi, dapat disimpulkan bahwa untuk deposito jangka waktu 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan antara tingkat bagi hasil dengan jumlah dana deposito mempunyai hubungan yang positif. Sedangkan hasil perhitungan dengan menggunakan koefisien determinasi dapat memberikan gambaran bahwa kemampuan variabel tingkat bagi hasil untuk menjelaskan pengaruhnya terhadap variabel jumlah dana deposito masih lebih kecil bila dibandingkan dengan pengaruh faktor lain dari luar penelitian ini. Dari hasil analisis tersebut disarankan kepada PT Bank BIAS Cabang Bima untuk memperhitungkan kenaikan dan penurunan tingkat bagi hasil deposito serta untuk lebih meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk menyimpan dana atau mengambil kredit pada PT Bank BIAS Cabang Bima

Page 1 of 120 | Total Record : 1197


Filter by Year

2015 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 9, No 4 (2023): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 9, No 3 (2023): Jurnal Ilmiah Mandala Edcation (JIME) Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 9, No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 8, No 4 (2022): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 8, No 3 (2022): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 8, No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 7, No 4 (2021): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 7, No 3 (2021): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 7, No 2 (2021): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 7, No 1 (2021): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Ilmiah Mandala Education Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) More Issue