Jurnal Counsellia
Vol 3, No 2 (2013)

PENINGKATAN PEMAHAMAN DIRI MELALUI MODEL PERMAINAN JOHARI WINDOW SISWA KELAS X AK 3 SMK SORE KOTA MADIUN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Puput Tri Anjanisari (IKIP PGRI MADIUN)
Dahlia Novarianing Asri (IKIP PGRI MADIUN)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2016

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal yang telah dilakukan peneliti di lapangandan wawancara dengan konselor sekolah, diketahui bahwa kurang lebih 70%siswa kelas X Ak 3 di SMK SORE Kota Madiun Tahun Pelajaran 2012/2013memiliki pemahaman diri yang masih rendah. Cara yang digunakan untukmeningkatkan pemahaman diri siswa adalah dengan menggunakan modelpermainan Johari Window. Model Johari Window merupakan model permainanyang dapat digunakan untuk meningkatkan kesadaran diri (self-awareness) danpemahaman diri (self understanding) pada individu.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman dirimelalui model permainan Johari Window siswa kelas X Ak 3 SMK SORE KotaMadiun tahun pelajaran 2012/2013.Penelitian ini dirancang dengan menggunakan metode penelitianeksperimen dengan desain pre-test and post test group. Populasi dalam penelitianini adalah siswa kelas X Ak 3 SMK SORE Kota Madiun. Pengambilan sampeldalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh yaitu siswa kelas X Ak 3sebanyak 20 siswa. Pengumpulan data untuk mengetahui tingkat pemahaman dirisiswa sebelum dan sesudah diberikan model permainan Johari Window dalampenelitian ini menggunakan metode angket. Dalam menganalisis datamenggunakan teknik t-test.Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada perbedaan pemahaman dirisiswa sebelum dan sesudah diberikan model permainan Johari Window yangberarti ada peningkatan pemahaman diri melalui model permainan Johari Windowsiswa kelas X Ak 3 SMK SORE Kota Madiun tahun pelajaran 2012/2013.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

JBK

Publisher

Subject

Other

Description

Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling with registered number ISSN: 2088-3072 (Print) and ISSN: 2477-5886 (Online), is a peer-reviewed journal which publishes conceptual ideas, studies and research on the theory and application of Guidance and Counseling also education related to Guidance and ...