Jurnal Counsellia
Vol 4, No 1 (2014)

PENINGKATAN KEAKTIFAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT MELALUI BIMBINGAN PRIBADI DENGAN TEKNIK REINFORCEMENT PADA SISWA SMP NEGERI 1 TAKERAN KAB. MAGETAN

Yulia Rahmatika Aziza (IKIP PGRI MADIUN)
Vitalis Djarot Sumarwoto (IKIP PGRI MADIUN)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2016

Abstract

Proses pembelajaran siswa di sekolah dalam beberapa aspek menuntut keaktifansiswa dalam mengemukakan pendapat. Tuntutan tersebut bertujuan untuk mengetahuiseberapa besar pemahaman siswa terhadap obyek yang dihadapinya. Semakin siswamenunjukkan keaktifan dalam mengemukakan pendapat, semakin memberi petunjuktentang seberapa besar pemahaman siswa terhadap materi yang diterimanya.Menghadapi tuntutan di atas ternyata tidak semua siswa menunjukkan perilaku yangsama. Hasil observasi awal yang peneliti lakukan pada minggu pertama dan kedua padabulan Mei 2013, terhadap siswa kelas VII SMP Negeri 1 Takeran Kabupaten Magetan,yang berjumlah 110 siswa diketahui terdapat 85 siswa yang tidak aktif mengemukakanpendapatnya. Penyebab utamanya adalah: dalam proses pembelajaran tidak dikondisikanuntuk mengeluarkan pendapat, dan takut jika pendapatnya salah.Kenyataan di atas perlu disikapi secara positif, yaitu dengan mencari solusi terhadapmasalah tersebut, sehingga tidak menghambat perkembangan siswa. Solusi yangditawarkan adalah dengan memberi bimbingan pribadi melalui tekhnik reinforcement.Hakikat teknik reinforcement adalah suatu tindakan penguatan didefinisikan sebagaisetiap konsekuensi yang memperkuat dan meningkatkan frekuensi perilaku.Subyek penelitian adalah 20 dari 85 siswa total siswa yang bermasalah pada keaktifanmengemukakan pendapat. Penetapan sampel dengan teknik random sampling. Kepada 20siswa diberi treatment berupa bimbingan pribadi melalui teknik reinforcement. Frekuensipemberian bimbingan sebanyak 4 kali pertemuan, lama bimbingan 60 menit/pertemuan,dan diakhiri dengan evaluasi. Hasil evaluasi berupa kumpulan skor dari observasi danhasil isian angket antara sebelum dan setelah diberi treatment, kemudian dibandingkan,untuk mengetahui seberapa besar peningkatan keaktifan mengemukakan pendapat.Analisis data menggunakan rumus t-skor. Hasil analisis data menunjukkan terdapatpeningkatan yang signifikan. Simpulan yang diperoleh adalah bahwa bimbingan pribadidengan teknik reinforcement dapat meningkatkan keaktifan mengemukakan pendapatsiswa kelas VII SMP Negeri 1 Takeran Kabupaten Magetan tahun pelajaran 2013/2014.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JBK

Publisher

Subject

Other

Description

Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling with registered number ISSN: 2088-3072 (Print) and ISSN: 2477-5886 (Online), is a peer-reviewed journal which publishes conceptual ideas, studies and research on the theory and application of Guidance and Counseling also education related to Guidance and ...