Jurnal Counsellia
Vol 3, No 2 (2013)

APLIKASI GAME SIMULATION UNTUK MEREDUKSI KECEMASAN SISWA DALAM MENGHADAPI UN KELAS IX SMP NEGERI I DAGANGAN

Hagus Muryanto (IKIP PGRI MADIUN)
Asroful Kadafi (IKIP PGRI MADIUN)
Rischa Pramudia Trisnani (IKIP PGRI MADIUN)
Vivi Yuniar Fitriani (IKIP PGRI MADIUN)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2016

Abstract

Keberhasilan Ujian Nasional salah satunya ditentukan oleh kondisi psikispara siswa. Perasaan takut gagal dapat menjadi beban yang menyebabkan parasiswa memiliki kecemasan dalam menghadapi ujian nasional. Kecemasan inidapat mempengaruhi kondisi psikologis mereka yang akan mengganggu aktivitasmereka sebagai reaksi terhadap adanya sesuatu yang bersifat mengancam.Ketenangan dalam menghadapi ujian nasional mutlak diperlukan bagi pesertaujian nasional. Diharapkan dalam menghadapi ujian nasional siswa dalam kondisitenangBerdasar observasi yang dilakukan oleh peneliti, dari Jumlah total Kelas IXSMP Negeri 1 Dagangan ada 245 siswa dan hanya 25% yang tidak mengalamikecemasan menghadapi UN. Sesuai dengan permasalahan yang diteliti danprosedur yang ditempuh, penelitian ini menggunakan desain True-Experimental.Sampel penelitian ditetapkan secara acak yang keseluruhannya berjumlah 40siswa SMP Negeri I Dagangan Madiun dengan perincian 20 siswa untukkelompok yang diberi perlakuan game simulation untuk mereduksi kecemasandalam mengahadapi UN dan 20 siswa untuk kelompok yang tidak diberiperlakuan game simulation untuk mereduksi kecemasan dalam mengahadapi UN.Pelaksanaan eksperimental berlangsung selama 10 kali 45 menit di lapangan.Data yang berhasil dikumpulkan melalui test, dianalisis dengan t-test. Hasilanalisis data menunjukkan bahwa penelitian mengenai perbedaan kecemasansiswa dalam menghadapi UN antara yang diberi perlakuan dengan gamesimulation dan yang tidak diberi perlakuan game simualtion dalam tarafkepercayaan 95 % terbukti secara signifikan. Begitu pula pada taraf kepercayaan99 % terbukti ada perbedaan yang signifikan.Berdasar perhitungan t-score diketahui ada perbedaan sebesar rata-rata 6,44antara kedua kelompok tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa game simulationberpengaruh positif dalam mereduksi kecemasan siswa dalam menghadapi UN,baik dalam taraf 95% maupun 99%.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

JBK

Publisher

Subject

Other

Description

Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling with registered number ISSN: 2088-3072 (Print) and ISSN: 2477-5886 (Online), is a peer-reviewed journal which publishes conceptual ideas, studies and research on the theory and application of Guidance and Counseling also education related to Guidance and ...