Jurnal Khatulistiwa Informatika
Vol 7, No 1 (2019): Periode Juni 2019

Analisa Komparasi Menggunakan 5 Metode Data Mining dalam Klasifikasi Persentase Wanita Sudah menikah di Usia 15-49 yang Memakai Alat KB (Keluarga Berencana)

Melisa Winda Pertiwi (Program Studi Sistem Informasi, STMIK Nusa Mandiri)
Miftah Farid Adiwisastra (Program Studi Sistem Informasi Kampus Kota Tasikmalaya, Universitas BSI)
Deddy Supriadi (Program Studi Sistem Informasi Kampus Kota Tasikmalaya, Universitas BSI)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2019

Abstract

Program Keluarga Berencana (KB) adalah salahsatu program pemerintah yang sekarang ini banyaksekali digunakan untuk wanita untuk berbagai kebutuhannya. Badan Pengolahan Statistik (BPS)membuat suatu data persentase untuk wanita yang sudah menikah dan sedang menggunakan alat KBsetiap tahunnya (Upated terakhir: 21 Februari 2018). Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkanmodel algoritma yang baik untuk penerapan persentasenya berdasarkan keterangan bahwa setiaptahun dapat mengalami peningkatan/penurunan. Metode data mining yang digunakan adalahklasifikasi, terdiri dari 5 model algoritma yaitu Decision Tree (C4.5), k-Nearest Neighbor (k-NN), LogistisRegression, Naïve Bayes, dan Gradient Boosted Tree, setelah dilakukan uji hasil maka didapat bahwa darikomparasi kelima algoritma tersebut yang menunjukan baik dan akurasinya lebih besar adalah modelalgoritma C45 dengan nilai accuracy 87.50%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

khatulistiwa

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Khatulistiwa Informatika (JKI) Merupakan Jurnal Ilmu Komputer yang dikelola oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Unit Kampus Kota Pontianak. Jurnal ini di publikasikan secara nasional dengan menggunakan Open Journal System (OJS). Jurnal Khatulistiwa Informatika (JKI) menggunakan ...