Abstrak Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis sejauh mana perencanaan E-Learning Di Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Sekolah Lembaga Administrasi Negara Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa perencanaan e-learning telah didasarkan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku, sedangkan perencanaan e-learning ditinjau dari aspek Sumber Daya Manusia sudah sangat baik karena memiliki tim pengelola dengan kompetensi yang mumpuni, selain itu perencanaan e-learning dari ditinjau dari bahan ajar sudah terdapat upaya yang sistematis dan terencana, dan perencanaan e-learning ditinjau dari sarana prasarana sudah cukup baik namun perlu adanya pengembangan-pengembangan aplikasi dan penyediaan ruang studio yang berfungsi untuk menunjang efektifitas penerapan e-learning. Kata Kunci: analisis perencanaan, e-learning, pembelajaran elektronik
Copyrights © 2019