Kemampuan komunikasi matematis di kelas IV SDN 3 Sumberdadi Trenggalek cukup rendah. Berdasarkan hasil wawancara, rata-rata 62% siswa kelas IV SDN 3 Sumberdadi Trenggalek belum memiliki kemampuan komunikasi matematis. Dari permasalahan tersebut dibutuhkan pembelajaran yang mengandung stimulus respon, maka dilakukanlah penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan teori belajar Gagne dan media kartu pecahan, serta menjelaskan peningkatan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IV SDN 3 Sumberdadi Trenggalek pada materi pecahan senilai. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan 2 siklus. Subjek penenelitiannya siswa kelas IV yang berjumlah 20. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu triangulasi teknik. Hasil penelitian pada siklus 1 sebanyak 40% siswa mendapatkan nilai ≥70 dengan nilai rata-rata 65,15. Pada siklus 2 sebanyak 100% siswa mendapatkan nilai ≥70 dengan nilai rata-rata 85,7. Kesimpulannya yaitu pengunaan teori belajar Gagne dan media kartu pecahan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IV SDN 3 Sumberdadi Trenggalek.
Copyrights © 2019