Indonesian Journal of Primary Education
Vol 3, No 1 (2019): Indonesian Journal of Primary Education

Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Menggunakan Teori Belajar Gagne dan Media Kartu Pecahan dalam Materi Pecahan Senilai di Kelas IV SDN 3 Sumberdadi Trenggalek

Azizah, Aulina Nur (Unknown)
Ekowati, Dyah Worowirastri (Unknown)
Regina, Belinda Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2019

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis di kelas IV SDN 3 Sumberdadi Trenggalek cukup rendah. Berdasarkan hasil wawancara, rata-rata 62% siswa kelas IV SDN 3 Sumberdadi Trenggalek belum memiliki kemampuan komunikasi matematis. Dari permasalahan tersebut dibutuhkan pembelajaran yang mengandung stimulus respon, maka dilakukanlah penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan teori belajar Gagne dan media kartu pecahan, serta menjelaskan peningkatan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IV SDN 3 Sumberdadi Trenggalek pada materi pecahan senilai. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan 2 siklus. Subjek penenelitiannya siswa kelas IV yang berjumlah 20. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu triangulasi teknik. Hasil penelitian pada siklus 1 sebanyak 40% siswa mendapatkan nilai ≥70 dengan nilai rata-rata 65,15. Pada siklus 2 sebanyak 100% siswa mendapatkan nilai ≥70 dengan nilai rata-rata 85,7. Kesimpulannya yaitu pengunaan teori belajar Gagne dan media kartu pecahan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IV SDN 3 Sumberdadi Trenggalek.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

IJPE

Publisher

Subject

Education

Description

Indonesian Journal of Primary Education adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan dua kali setahun (Juni-Desember) yang mempublikasikan hasil penelitian orisinal tentang pendidikan dasar dan pendidikan guru sekolah dasar. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, ...