Journal of Mechanical Engineering Education (Jurnal Pendidikan Teknik Mesin)
Vol 6, No 1 (2019): Juni

PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN BERDASARKAN KURIKULUM SMK 2013 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM DAN INSTALASI REFRIGERASI

Negara, Raden M. H. K. (Unknown)
Suherman, Amay (Unknown)
Yayat, Yayat (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan modul pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran sistem dan instalasi refrigerasi terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuasi ekperimen. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan Teknik Pendinginan dan Tata Udara SMKN 1 Cimahi sebanyak 70 orang.  Kuasi eksperimen dilakukan dengan menerapkan modul pembelajaran pada kelas eksperimen dan menggunakan bahan ajar (information sheet) pada kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes, terdiri atas pre test dan post test. Hasil penelitian menunjukkan nilai pre tes dan post test kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol. Nilai N-gain kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol. Hasil pengujian menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan modul pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 terhadap hasil belajar siswa. Kesimpulan penelitian ini bahwa modul yang sesuai dengan kurikulum dapat meningkatkan hasil belajar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jmee

Publisher

Subject

Education Mechanical Engineering

Description

Journal of Mechaninal Engineering Education merupakan jurnal yang mendeseminasikan hasil penelitian dalam bidang pendidikan teknik mesin (vocational education in mechanical engineering). Terbit tiap bulan Juni dan Desember setiap ...