JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi)
Vol 1, No 1 (2009): Vol 1, No 1 (2009)

KAJIAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP MINYAK GORENG SAWIT MERAH UNTUK MENUNJANG SISTEM PEMASARAN

Inna Sri Supina Adi (Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan)
Sri Hidajati Ramdani (Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2018

Abstract

ABSTRAKBahan-bahan aktif yang terdapat di dalam minyak sawitdari kelompok tokoferol dan karotenoida yang berwarna merahsangat sensitif terhadap suhu tinggi dan oksidator, sehinggapengolahan minyak sawit yang baik perlu mempertahankankomponen aktif tersebut. Oleh sebab itu, teknologi pengolahanCPO yang menghasilkan minyak sawit merah merupakanteknologi penyediaan minyak goreng yang paling tepat. Selamaini yang terjadi justru sebaliknya. Minyak dianggap baik dansehat jika warna jernih. Padahal untuk menghasilkan warnajernih, yang berarti membuang komponen aktif yangbermanfaat untuk mencegah avitaminosis, penyakit darahtinggi, jantung koroner dan kanker dibutuhkan biaya yang tidaksedikit. Melihat bahan-bahan aktif dalam minyak sawit, yangsangat bermanfaat bagi kesehatan tetapi dibuang percuma,teknologi pengolahan minyak sawit perlu diubah dalam bentukminyak sawit merah untuk mempertahankan bahan aktiftersebut. Namun upaya ini perlu didukung dengan sosialisasidan promosi yang terus menerus tentang manfaat minyak sawitmerah bagi kesehatan, setelah diketahui dengan jelaspandangan masyarakat terhadap minyak sawit merah.Keberhasilan sosialisasi dan promosi tersebut tergantung padapengetahuan mengenai persepsi konsumen mengenai minyaksawit merah sebagai dasar penyusunan strategi sosialisasi danpromosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsikonsumen tersebut.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalahmetode sampling untuk memperoleh gambaran yang jelasmengenai objek yang diteliti. Materi yang disurvei adalah dataumum responden, perilaku dan persepsi konsumen. Lokasipenelitian untuk penyebaran kuesioner adalah 5 (lima) pasar(tradisional) yang ada di wilayah kota Bogor.Hasil penelitian menunjukkan (1) masyarakat kurangpaham mengenai minyak goreng sawit merah, hanya 28% dariresponden yang paham, (2) industri minyak goreng beradadalam pasar bersaing, dengan leader Bimoli, (3) preferensimasyarakat terhadap minyak goreng secara umum terutamaterletak pada atribut kualitas (terkait proses produksi yang?higienis?), kandungan nutrisi dan harga, (4) persepsimasyarakat terhadap hasil olahan dengan menggunakan minyakgoreng sawit merah menunjukkan tidak penting. Hal yangpenting bagi masyarakat adalah kualitas dan kandungan giziminyak goreng, (5) persepsi dan sikap masyarakat terhadapminyak goreng sawit merah memperoleh skala Fischbein dalampentil pertama, berada pada tahap perkenalan siklus hidupproduk.Diperlukan strategi pemasaran yang bersifat promosidan sebaiknya yang diambil adalah yang bersifat informasi danmendidik yaitu sosialisasi. Topik yang dikemukakan sebaiknyaterkait dengan kandungan dan proses produksi. Media yangdiambil sebaiknya pada rubrik ilmu pengetahuan ataukesehatan berbentuk iklan layanan umum dengan frekuensitinggi.Kata kunci : minyak sawit merah, tokorerol, tokotrienol,karotenoid, persepsi konsumen, promosi, sosialisasi.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jimfe

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi (JIMFE) aims to publish scientific articles in management which can give contribution to the education and development of the science. JIMFE welcomes empirical, theoretical, and case-based studies articles which are relevant to all management aspects ...