AGRIKA
Vol 11, No 1 (2017)

PENGEMBANGAN SISTEM PEMANENAN AIR HUJAN UNTUK PENYEDIAAN AIR IRIGASI (STUDY KASUS DESA GEBANGANGKRIK NGIMBANG LAMONGAN JAWA TIMUR DAN SEKITARNYA)

Eko Sutrisno (Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Islam Majapahit)
Poppy Diana Sari (Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Islam Majapahit)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2017

Abstract

Desa Gebangangkrik merupakan daerah dengan wilayah pertanian yang luas, mata pencaharian masyarakat desa tersebut adalah sebagai petani dengan sawah sistem tadah hujan. Saat musim tanam, petani mengandalkan air hujan dibantu dengan air tanah yang diperoleh dengan menggunakan mesin pompa bergilir. Tetapi saat musim kemarau, air yang diperoleh dengan sistem tadah hujan tidak cukup untuk mengairi dan seringkali terjadi konflik antar petani mengenai penggunaan pompa. Kali Padas, sungai yang melintasi wilayah tersebut sangat potensial dikembangkan sebagai sumber air untuk memenuhi kebutuhan air irigasi dengan dibuat embung sistem on stream (dalam sungai). Metode dalam kajian ini adalah dengan survei lokasi dan pemetaan irigasi. Dari hasil survei jika Kali Padas dibangun secara ekonomi dampaknya adalah mengurangi biaya produksi saat tanam padi, secara sosial budaya tidak adanya konflik antar tetangga dengan berebut atau tidak memperoleh pinjaman mesin pompa serta sumur bor. Kebutuhan air dapat terpenuhi dengan baik. Dengan adanya embung dapat mengurangi pengangguran dengan mengajari masyarakat yang tidak mempunyai lahan garapan untuk menjadi petani tambak sistem keramba. Secara lingkungan akan bertambahnya jumlah air tanah, sehingga tumbuhan dapat tumbuh dengan normal menyebabkan udara menjadi sejuk.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

agrika

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Agrika mempublikasikan hasil-hasil penelitian dalam bidang ilmu pertanian meliputi penelitian di bidang budidaya pertanian, agrobisnis dan teknologi pengolahan hasil pertanian, juga menginformasikan berbagai paket teknologi, ulasan ilmiah, komunikasi singkat dan informasi pertanian. ...