Mata pelajaran Matematika di SD/MI sangat membutuhkanmedia danmodel pembelajaran yang nyata dalam penyampaiannya. Hal ini dikarenakan anak tingkat sekolah dasar masih membutuhkan hal hal konkrit dalam menyusun pemahamannya. Sehingga dalam penelitian ini yang menjadi tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektiftas model pembelajaran RME dengan media realia terhadap hasil belajar matematika pada siswa Kelas V MI Al Hikam kecamatan Geger Kabupaten Madiun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan membagi kelompok perlakuan menjadi dua bagian, teknik pengumpulan data menggunakan tes dan teknik analisis data menggunakan uji t (Student tes).Hasil penelitian untuk uji normalitas populasi adalah normal dengan hasil kelas eksperimen Lobs = 0,1317 < L (0,05;42) = 0,1367 dan hasil kelas kontrol Lobs = 0,1293 < L (0,05;43) = 0,1351 , untuk uji homogenitas variansi menyatakan heterogen hal ini dikarenakan Fhitung = 2,12 dan Ftabel = 1,69. Karena Fhitung > Ftabel maka H 0 ditolak artinya kedua sampel heterogen. Hasil Uji t menunjukkan thitung sebesar 1,443 dan nilai ttabel sebesar 1,282 sehingga diperoleh thitung > ttabel sehingga H 0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti penggunaan model RME dengan media realia dalam pembelajaran metamatika lebih baik dari pada pengajaran langsung.
Copyrights © 2018