cover
Contact Name
Vit Ardhyantama
Contact Email
vit.10276@gmail.com
Phone
+6285932141099
Journal Mail Official
jpppacitan@gmail.com
Editorial Address
Jl. Cut Nyak Dien No.4-A, Kebon, Ploso, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63515
Location
Kab. pacitan,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan
ISSN : 20850581     EISSN : 24775851     DOI : -
Jurnal Penelitian Pendidikan adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Pacitan. Dipublikasikan dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini menerbitkan makalah penelitian dan kajian di bidang pendidikan (semua jenjang, tahapan dan proses) seperti manajemen pendidikan, pendidikan sekolah dasar, pendidikan lanjut, praktik terbaik pendidikan, kurikulum, penilaian pendidikan, kebijakan pendidikan, teknologi pendidikan, pengajaran bahasa, pendidikan jasmani, pendidikan sejarah, dll.
Articles 305 Documents
MEDIA GAMBAR SEBAGAI ALAT BANTU PEMBELAJARAN APRESIASI PUISI PADA SISWA SEKOLAH DASAR Mustofa, Arif
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1, No 1 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : STKIP PGRI PACITAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Selama ini, pembelajaran apresiasi puisi sering menjadi momok yang menakutkan bagi siswa. Siswa kesulitan memahami kata-kata abstrak yang sering dihadirkan dalam puisi. Oleh karena itu, harus ada usaha-usaha mengkonkretkan kata-kata abstrak dalam puisi. Salah satu cara mengkonkretkan kata abstrak tersebut adalah dengan media gambar.
EKSPERIMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN TTW DAN TPS DI SMPN PACITAN ., Maryono; Tisngati, Urip
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3, No 2 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : STKIP PGRI PACITAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial 2 x 3. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri I di Kabupaten Pacitan semester ganjil tahun pelajaran 2010/2011. Pengujian hipotesis menggunakan anava dua jalan dengan frekuensi sel tak sama, dengan taraf signifikan 5%. Sebelumnya dilakukan uji prasyarat, yaitu: uji normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Bartlett dan hasilnya adalah normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan: 1) hasil belajar siswa dengan strategi Think-Talk-Write (TTW) lebih baik daripada strategi Think-Pair- Share (TPS); 2) hasil belajar matematika siswa dengan aktivitas tinggi lebih baik daripada aktivitas sedang, hasil belajar dengan aktivitas sedang lebih baik daripada aktivitas rendah, dan hasil belajar dengan aktivitas tinggi lebih baik daripada aktivitas rendah; 3) Aktivitas belajar siswa tinggi, hasil belajar dengan strategi TTW, lebih baik daripada strategi TPS; 4) Aktivitas belajar siswa sedang, hasil belajar dengan strategi TTW lebih baik, daripada strategi TPS; 5) Aktivitas belajar siswa rendah, hasil belajar matematika siswa dengan strategi TTW lebih baik, daripada strategi TPS.Kata kunci: Pembelajaran Matematika, TTW, TPS dan Aktivitas.
KEEFEKTIFAN MODEL PROBEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA ., Maryono; Irawan, Edi
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3, No 1 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : STKIP PGRI PACITAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini dilaksanakan pada 25 orang siswa kelas VII MTS Muhammadiyah Nawangan tahun akademik 2008/2009. Observasi dilakukan untuk mengumpulkan data tentang aktivitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Sedangkan prestasi siswa diukur dengan menggunakan tes. Hasil analisis data disajikan dalam bentuk perhitungan persentase dan rata-rata nilai. Hasilnya menunjukkan bahwa: 1) Aktivitas belajar siswa pada Siklus I 32 %, Siklus II 60%, Siklus III 100%; 2) Aktivitas mengajar guru juga menunjukkan adanya peningkatan dari setiap siklus, 3) Prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan, dari Siklus I 5,96, Siklus II 6,68, dan Siklus III 7,76. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa.Kata kunci: model problem based learning, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.
PEMODELAN FUZZY UNTUK DATA TIME SERIES MENGGUNAKAN METODE TABEL LOOK UP DENGAN TRANSFORMASI LOGARITMA DAN DIFERENSI DAN APLIKASINYA PADA DATA INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN (IHSG) Susanto, Hari Purnomo
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 5, No 1 (2013): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : STKIP PGRI PACITAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study is to form a fuzzy model for data time series using a lookup table with logarithmic transformation and differentiation as well as its application to predict IHSG listed on the BSE. First, all data of IHSG is made in logarithm and differentiation. Then, the formation of the fuzzy rules is by lookup table. In this study, the prediction of IHSG is only based on time series data of IHSG with 144 data as the training data. The results of this study are the prediction of IHSG is based on 6 fuzzy models formed to conclude that the model of fuzzy lookup table 8 input with logarithmic transformation is the best model to predict IHSG. It can be seen from MAPE produced by the model is 4.09%. When it is compared to fuzzy model 8 inputs without transformation in preceding studies, fuzzy models 8 inputs with logarithmic transformation is still a better model because it has a smaller MAPE values.Keywords: fuzzy models, lookup table, logarithmic transformation, differentiation, time series, and IHSG
STRATEGI PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN EFEKTIF DI PERGURUAN TINGGI ., Haryono
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2, No 2 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : STKIP PGRI PACITAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

A lecturer quality is one of the keys to be succeed in teaching process. The phenomenon says that a qualified lecturer will give good impacts to the graduation of students. Effective teaching strategy is the important part in the teaching and learning process. To get a qualified teaching, a lecturer must use the effective teaching strategy. Key words: teaching strategy, quality of lecturer, and the effective teaching development.
KOEKSISTENSI SANCTITAS DAN SCIENTIA DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN BIOLOGI Budiasmoro, I.Y. Kristio
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 4, No 2 (2012): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : STKIP PGRI PACITAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bioethical issues and the environmental crisis is a challenge in the present study biology and future. On the other hand the demands of quality of professional teacher lies in the creation of a form of praxis humanist and religious education. Both of these are the main purposes of research about coexistence sanctitas and scientia as two traditions that continue to be able to walk parallel to realize the form of religious humanist education. Biology Education at the University of Sanata Dharma is taken as the subject of educational phenomenon that seeks to develop the tradition of scientia through contextual learning biology by studying the dynamics cyrcle of context-experience-reflection-action-evaluation. Through the ability of self-reflective inquiry is expected to deepen the faith of students through the construction of a transcendental consciousness as a human.Keywords: humanist religious education, Biology education, coexistence sanctitas and scientia.
STRATEGI SOSIALISASI PENINGKATAN PRODUKTIVITAS TEBU PADA ANGGOTA DEWAN PIMPINAN CABANG ASOSIASI PETANI TEBU RAKYAT INDONESIA WILAYAH KERJA PABRIK GULA RENDING KUDUS Fashihullisan, M.
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2, No 1 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : STKIP PGRI PACITAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengetahuan tentang cara peningkatan produktivitas tebu pada anggota DPC APTRI Rendeng Kudus antara yang disampaikan melalui strategi ceramah dan yang disampaikan melalui strategi diskusi, baik yang dilakukan pada petani tebu kelompok subsisten, maupun petani tebu kelompok modern. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) atau yang dikenal Randomized Complete Block Design (RCDB). Pengambilan data dilakukan melalui kuesioner dan tes yang diisi oleh sampel petani yang diambil secara accidental sampling. Data penelitian dianalisis dengan ANOVA dua jalur (Two Way ANOVA).Penelitian ini menemukan hasil bahwa secara umum strategi diskusi lebih baik dibandingkan strategi ceramah dalam penyampaian pengetahuan tentang cara peningkatan produktivitas tebu pada petani tebu anggota DPC APTRI Wilker. PG Rendeng Kudus, tetapi pada kelompok petani subsisten tidak dapat dibuktikan pengaruh perbedaan dua strategi penyampaian pengetahuan tersebut, sedangkan pada kelompok petani modern penyampaian pengetahuan melalui strategi diskusi menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan melalui strategi ceramah.
ANALISIS MISKONSEPSI MAHASISWA STKIP PGRI PACITAN PADA MATA KULIAH PENGANTAR DASAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN LOGIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF MAHASISWA Irawan, Edi; ., Riyadi; ., Triyanto
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 4, No 1 (2012): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : STKIP PGRI PACITAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Misconception is a notion which is contradictory with the scientific one or the idea claimed by experts in a certain Field; the notion is inaccurate upon a concept, the concept use is false, its exemplifications are wrong, the different concepts are confusing, and the hierarchical relation of the concepts is wrong. Therefore, information about misconception is required so as to avoid a continuous misconception. One of the factors which affect the mastery of concept by the students deals with their cognitive style. The objective of this research is to identify and describe the existence of misconception in the subject matter of Basic Introduction to Mathematics with the topic of discussion of Logics viewed from the students’ cognitive style.This research used a descriptive qualitative method with a case study approach. The subjects of the research were the first semester students of the Study Program of Mathematics Education of STKIP PGRI Pacitan, Year 2011. The samples of the research were taken by using the purposive sampling technique. The identification of the existence of misconception was done by using the Certainty of Response Index (CRI) developed by Saleem Hasan, and the identification of the students’ cognitive style was conducted by using the instrument of Group Embedded Figures Test (GEFT) developed by Witkin. The data of the research were analyzed by using the model claimed by Miles and Huberman.The results of the research show that the proportion of misconception by the students with the cognitive style of Field dependent (FD) is higher than that of students with the cognitive style of Field independent (FI). The students with FD undergo more misconceptions in inversion, conversion, and contraposition (38%) whereas the students with FI undergo more misconceptions in plural statement negations and in negations with quantifiers (32%). The misconceptions by the students with FD are largely caused by their wrong pre-conception and low ability. Meanwhile, the misconceptions by the students with FI are mostly due to their wrong simplification and intuition. Keywords: Misconception, cognitive style, CRI and GEFT.
MOTIVASI BELAJAR PRODUKTIFITAS DAN PROFITABILITASNYA Maryono, Maryono
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1, No 1 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : STKIP PGRI PACITAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Motivasi merupakan dorongan dasar yang menggerakkan seorang individu untuk melakukan suatu perbuatan. Karena itulah, baik buruknya perbuatan seseorang dapat bergantung pada motivasi yang mendorong perbuatan tersebut. Apalagi motivasi tersebut, digunakan untuk meningkatnya produktifitas dan profitabilitas pembelajaran.
BEBERAPA JEJAK KELISANAN DALAM NOVEL DI KAKI BUKIT CIBALAK KARYA AHMAD TOHARI: PERSPEKTIF WALTER J. ONG Sutopo, Bakti
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3, No 2 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : STKIP PGRI PACITAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The aim of this study is to uncover the existence of the oral elements in the novel Di Kaki Bukit Cibalak by Ahmad Tohari. It is necessary to construct the convention of oral theories that propounded by Walter J. Ong. This convention shows that there are several oral elements in the novel. The oral element in the novel Di Kaki Bukit Cibalak there are agonistic, homeostatic, conservative, copious, episodic, additive, and moral teachings.Key words: novel, oral characteristic, orality impressions

Page 1 of 31 | Total Record : 305


Filter by Year

2009 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 13 No 2 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 13 No 1 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 12 No 2 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 12 No 1 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 11 No 2 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 11 No 1 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 10 No 1 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 9 No 2 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 9 No 2 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 9 No 1 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 8 No 2 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 8 No 1 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7 No 2 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7, No 2 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7, No 1 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7 No 1 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 6 No 2 (2014): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 6, No 2 (2014): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 6, No 1 (2014): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 5, No 2 (2013): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 5 No 2 (2013): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 5, No 1 (2013): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 4, No 2 (2012): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 4, No 1 (2012): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 4 No 1 (2012): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3, No 2 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3 No 2 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3 No 1 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3, No 1 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2, No 2 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2 No 2 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2, No 1 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2 No 1 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1 No 2 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1, No 2 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1, No 1 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1 No 1 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan More Issue