JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF
Vol 2, No 2 (2019): Jurnal Pemasaran Kompetitif

PERMINTAAN KEDELAI INDONESIA

Septi Rostika Anjani (Universitas Pamulang)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2019

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi permintaan kedelai di Indonesia. Metode penelitian menggunakan analisis deskriptif melalui data sekunder yang meliputi harga kedelai lokal dan kedelai impor, harga ayam, pendapatan perkapita, tingkat inflasi dan pemberlakuan tarif impor periode tahun 1980 sampai dengan tahun 2013 yang bersumber dari Badan Pusat Statistik dan berbagai sumber lainnya. Estimasi fungsi permintaan menggunakan analisis regresi linier berganda yang ditransformasi dalam bentuk logaritma. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa secara simultan variabel independen berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen dengan nilai R² sebesar 65,1%. Secara parsial, harga daging ayam, pendapatan perkapita, dan tingkat inflasi masing-masing berpengaruh signifikan terhadap permintaan kedelai. Sedangkan harga kedelai lokal, harga kedelai impor dan tarif impor tidak berpengaruh secara signifikan terhadap permintaan kedelai. Kata Kunci: analisis permintaan, elastisitas, kedelai

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPK

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF adalah jurnal yang diterbitkan Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang. Kajian Ekonomi Manajemen Khusus Penelitian Ekonomi Ilmu Manajemen Pemasaran dengan ISSN 2598-0823 (cetak) dan eISSN 2598-0823 (Online), Fokus dan cakupan Jurnal Sekuritas yaitu ...