Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) kevalidan buku ajar kalkulus integral berbasis maple; (2) keefektifan buku ajar yang telah dirancang terhadap peningkatan pemahaman konsep matematis mahasiswa; (3) kepraktisan buku ajar yang telah dirancang terhadap peningkatan pemahaman konsep matematis mahasiswa. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan desain pengembangan model Plomp yang terdiri dari lima tahapan berupa (1) investigasi awal, (2) desain, (3) realisasi/konstruksi, (4) tes, evaluasi dan revisi, (5) implementasi. Subjek penelitian adalah mahasiswa pendidikan matematika STKIP Soe semester genap tahun ajaran 2017/2018 yang mengambil mata kuliah kalkulus integral yang terdiri dari 2 (dua) kelas yakni kelas eksperimen terdiri dari 14 orang dan kelas kontrol yang terdiri dari 15 orang. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, tes dan angket. Analisis data menggunakan uji t sampel independen dan skor gain normalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar kalkulus integral berbasis maple valid, efektif dan praktis untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa.
Copyrights © 2019