Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi public relations, citra perusahaan dan peranan strategi public relations terhadap citra perusahaan pada hotel Grand Kopo Bandung. Metode penelitian yang di gunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu, wawancara, kuesioner, dan studi pustaka. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research. Sampel sebanyak 90 orang pelanggan hotel Grand Kopo Bandung. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi public relations berpengaruh signifikan terhadap citra perusahaan hotel Grand Kopo Bandung. Koefisien korelasi (R) sebesar 0,688 yang berada antara 0,60 dan 0,799, artinya Strategi Public Relations (X) memiliki hubungan yang kuat kuat dengan Citra Hotel (Y). Besarnya sumbangan (kontribusi) variabel strategi public relations(x) terhadap citra hotel (Y) dapat dilihat dari nilai R Square yaitu sebesar 0,738. Artinya bahwa 73,8% variabel citra hotel (Y) akan dipengaruhi oleh variabel strategi public relations (X). Sedangkan sisanya 26,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kata kunci: Strategi Public Relations, Citra Perusahaan, Loyalitas Pelanggan
Copyrights © 2018