Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian
Vol 1, No 2 (2015): Oktober 2015 Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitia

MAKNA BISNIS ONLINE BAGI PENGUSAHA MUDA

Achmad Wildan Kurniawan (Unknown)
Arie Mukti Wibowo (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2015

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi adanya fenomena pergeseran penggunaan media telekomunikasi dan internet yang tidak hanya digunakan sebagai alat pertukaran informasi saja. Salah satu dari aplikasi media internet ini yang memuat konsep global vilage adalah Media Sosial. Penggunaan media sosial yang dijadikan alat strategi untuk berbisnis online oleh pembisnis pemula kini kian merebak di kalangan muda-mudi di Kabupaten Garut dalam memulai atau meniti bisnisnya sembari mengemban pendidikan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menumukan motif, makna dan pengalaman komunikasi pengusaha muda dalam membangun bisnis online melalui media sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motif pengusaha muda melakukan bisnis online karena bisnis konvensional kian sepi pengunjung dan bisnis online dapat menjangkau lebih banyak calon pembeli dari berbagai daerah. Pengusaha muda dalam penelitian ini memaknai bisnis online sebagai bisnis yang dilandaskan asas kepercayaan antara pelaku bisnis. Sebagai “guru yang baik” para pengusaha muda mempunyai pengalaman komunikasi yang positif dan negatif dalam kegiatan bisnis online yang mencakup khalayak lebih luas dan juga sering dianggap online shop penipu. Kata Kunci: Makna; Bisnis Online; Pengusaha Muda; Fenomenologi Abstract The research is motivated phenomenon shift in the use of telecommunication media and the internet are not only used as a means of information exchange only.One of these internet media application that includes a global vilage concept is social media. The use of social media as a tool for business strategy by novice businessman at Garut discrict. As for the purpose of this research was to find a motive, meaning and the communication experience of young entrepreneurs in starting their e-business. The results of this study indicate that the motive for young entrepreneurs to do e-business because conventional business increasingly empty and e-business can reach more potential buyer. The young entrepreneur then interpret it as a business that is on a foundation of trust between businesses. The communication experience of young entrepreneurs in start up business so much related to a wider udience through olshop are considred cheater. Keyword: Meaning; E-business; Young Entrepreneurs; Phenomenology.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JK

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal komunikasi Universitas Garut diterbitkan bermaksud untuk mengembangkan potensi khususnya bagi dosen ilmu komunikasi Universitas Garut dengan tujuan untuk memperoleh informasi yang disajikan dalam bentuk tulisan jurnal online. Informasi ini, merupakan kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dari ...