Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri
Vol 1 No 2: Agustus 2015

Pengaruh Kualitas Layanan, Kepuasan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Kereta Api Eksekutif DAOP 8 Surabaya

Hayuning Rat, Ananto (Unknown)
L.A., ST Salmia (Unknown)
Hutabarat, Julianus (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis loyalitas konsumen pengguna kereta api eksekutif di Daerah Operasi 8 Surabaya. Kompetisi antar moda transportasi mengharuskan strategi pelayanan diupayakan sebaik mungkin dengan melihat kebutuhan konsumen. Kualitas layanan, kepuasan dan kepercayaan menjadi penentu dalam mengukur loyalitas. Penulis menggunakan Non Probability Sampling dengan membagikan kuesioner kepada 215 responden dari stasiun kedatanganGubeng Surabaya. Dengan model Structural Equation Modelling dan Smart PLS, dapat diketahui diduga hipotesanya, dan dapat diketahui jalur yang paling efektif antar konstruk, serta variabel yang menjadi prioritas perhatian dari manajemen PT Kereta ApiDaop 8 Surabaya. Terdapat hasil yang menunjukkan bahwa kualitas layanan mempunyai pengaruh positif secara langsung terhadap kepuasan konsumen, juga mempunyai pengaruh positif terhadap kepercayaan dan loyalitas konsumen. Dengan kualitas layanan yang baik, maka akan terbentuk kepuasan dan kepercayaan, sehingga dapat menghasilkan loyalitas konsumen.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jtmi

Publisher

Subject

Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri (JTMI), diterbitkan oleh Program Studi Teknik Industri S-2 Pascasarjana Institut Teknologi Nasional Malang, JTMI terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Februari dan Agustus. Redaksi menerima naskah makalah ilmiah yang erat hubunganya dengan bidang keilmuan ...