cover
Contact Name
Ellysa Nursanti
Contact Email
jtmi@scholar.itn.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jtmi@scholar.itn.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri
ISSN : 24607975     EISSN : 25493426     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri (JTMI), diterbitkan oleh Program Studi Teknik Industri S-2 Pascasarjana Institut Teknologi Nasional Malang, JTMI terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Februari dan Agustus. Redaksi menerima naskah makalah ilmiah yang erat hubunganya dengan bidang keilmuan Teknik dan Manajemen Industri. Ruang Lingkup materi: Ergonomics Quality and Reliability Maintenance and Safety Risk and Decision Making Production System Manufacture Engineering Strategic Management Optimization Model Simulation Operation Management Supply Chain Management Inventory and Warehousing Human Resource Management Marketing Management Green and Lean Industrial System.
Arjuna Subject : -
Articles 128 Documents
Analisis Kualitas Sumber Daya Manusia, Kualitas Pelayanan, Kinerja Organisasi, Kepercayaan Masyarakat Dan Kepuasan Masyarakat (Studi Kasus: Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Nabire) Christian Paul Raymond; Samuel Hatane; Julianus Hutabarat
Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Vol 1 No 1 (2015): Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri (JTMI)
Publisher : Program Studi Teknik Industri S2 ITN Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Upaya peningkatan kualitas SDM dan kualitas layanan terhadap kepercayaan masyarakat dalam pelayanan publik harus dilakukan. Masyarakat mempertanyakan kualitas dan efektifitas dari pelayanan publik. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis Kualitas Sumber Daya Manusia, Kualitas Pelayanan, Kinerja Organisasi, Kepercayaan Masyarakat dan Kepuasan Masyarakat pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Nabire. Teknik Pengumpulan dimulai dengan membuat model hubungan antar konstruk, perancangan kuisioner dan penyebarannya dilanjutkan dengan pengolahan data dengan menggunakan SPPS dan SmartPLS dilanjutkan membaca hasil estimasi hubungan antar kosntruk. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif kausalistik. Dengan adanya model tersebut maka penulis melakukan penelitian dengan menggunakan SEM (Structural Equation Modelling). Hasil penelitian yang di peroleh bahwa kualitas sumber daya manusia berpengaruh positif terhadap kualitas pelayanan sekitar 84%, kinerja organisasi sekitar 75% dan kepercayaan masyarakat sekitar 42%. Kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kinerja organisasi sebesar 15% dan kepercayaan masyarakat sekitar 20%. Kinerja organisasi berpengaruh positif terhadap kepercayaan masyarakat sekitar 36% dan kepuasan masyarakat sekitar 47%. Dan kepercayaan masyarakat berpengaruh positif terhadap kepuasan masyarakat sekitar 44%. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas sumber daya manusia sebagai faktor utama dalam meningkatkan kualitas pelayanan, kinerja organisasi, kepercayaan masyarakat dan kepuasan masyarakat.
Pengaruh Strategi Marketing Mix Dan Kualitas Layanan Terhadap Dan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Bengkel Sugali Nabire) Ali Waromi; Fuad Achmadi; Ida Bagus Suardika
Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Vol 1 No 1 (2015): Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri (JTMI)
Publisher : Program Studi Teknik Industri S2 ITN Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bengkel adalah perusahaan yang memberikan jasa servis kendaraan kepada pelanggang membutuhkanstrategi pemasaran untuk memasarkan produknya. Persaingan yang semakin ketat akan membuat parapelaku bisnis menjadi lebih bergairah dalam memberikan pelayanan terhadap konsumen. Tujuan dalampenelitian adalah mengetahui besarnya pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen,pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen, pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitaskonsumen pelanggan, pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas konsumen pelanggan danmengetahui besarnya pengaruh terhadap kepuasan konsumen terhadap loyalitas pelanggan padaBengkel Sugali Kabupaten Nabire, Teknik Pengumpulan dimulai dengan membuat model hubunganantar konstruk, perancangan kuisioner dan penyebarannya dilanjutkan dengan pengolahan data denganmenggunakan Software Amos Versi 20. dilanjutkan membaca hasil estimasi hubungan antar kosntruk.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatoris. Dengan adanya model tersebut maka penulismelakukan penelitian dengan menggunakan SEM (Structural Equation Modelling). Hasil penelitianyang di peroleh bahwa menunjukkan bahwa koefisien regresi dari strategi bauran pemasaran terhadapkepuasan pelanggan bernilai 0,419 dengan C.R. sebesar 4,414 dan p-value <0,001 (lebih kecil dari0,05), kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan bernilai 0,257 dengan C.R. sebesar 3,951 dan pvalue<0,001 (lebih kecil dari 0,05), strategi bauran pemasaran terhadap loyalitas pelanggan bernilai0,215 dengan C.R. sebesar 3,127 dan p-value 0,002 (lebih kecil dari 0,05), kualitas layanan terhadaployalitas pelanggan bernilai 0,226 dengan C.R. sebesar 3,771 dan p-value <0,001 (lebih kecil dari0,05), kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan bernilai 0,408 dengan C.R. sebesar 6,548 danp-value <0,001 (lebih kecil dari 0,05). Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategimarketing mix, kualitas layanan jika di tingkatkan akan memberikan kepuasan dan meningkat loyalitaspelanggan.Kata Kunci: Marketing Mix, Kualitas Layanan, Kepuasan
Perancangan Sistem Informasi Akademik Untuk Meningkatkan Kinerja Manajemen (Studi Kasus : Universitas Satya Wiyata Mandala Nabire) Arfan Natan Palumpun; Abraham Lomi; Fourry Handoko
Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Vol 1 No 1 (2015): Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri (JTMI)
Publisher : Program Studi Teknik Industri S2 ITN Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Universitas Satya Wiyata Mandala Nabire merupakan satu-satunya lembaga pendidikan tinggi yang adadi kabupaten Nabire. Pengelolaan pendidikan Tinggi sebagai lembaga yang bergerak pada bidangakademik, membutuhkan penanganan secara profesional, baik dari segi layanan maupun mutu yangdihasilkan. Sistem administrasi bidang akademik meliputi seluruh proses administrasi mulai dariseorang calon mahasiswa awal terdaftar sebagai mahasiswa hingga proses perkuliahan sampai luluswisuda. Seluruh proses tersebut membutuhkan prosedur-prosedur dan aturan-aturan yang jelas, denganpelaksanaan yang disiplin dan konsisten. Dengan kata lain perlu adanya suatu sistem informasimanajemen administrasi akademik di yang terstruktur dan terintegrasi serta dapat diakses di setiapkomponen yang ada di universitas Satya Wiyata Mandala Nabire untuk peningkatan pelayananakademik terhadap mahasiswa tersebut dibutuhkan suatu sistem informasi akademik yang dapat diaksessecara on line. Adapun metodologi yang digunakan untuk penelitian ini adalah pendekatan terstukturdengan mengunakan alat bantu seperti analisa pemodelan data, flowchart, hubungan relasi antar entitas,diagram konteks. Model pengembangan yang dilakukan adalah Waterfall dimana model Waterfallmerupakan urutan aktifitas yang dilakukan didalam pengembangan sistem mulai dari perumusanmasalah, analisis kebutuhan, perancangan serta implementasi sistem, pengujian sistem serta penerapandan pemeliharaan sistem. Dengan diterapkannya perancangan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD)pada Universitas Satya Wiyata Mandala Nabire yang bersifat On line dengan menggunakan bahasapemrograman PHP dengan database MySql, diharapkan dapat mempermudah pengolahan seluruh dataakademik tanpa harus terjadi kesalahan dalam mengelola data sehingga lembaga universitas dapatmencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Studi Pengaruh Computer Anxiety Dan Computer Attitude Terhadap Keahlian Menggunakan Komputer Pada Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Satya Wiyata Mandala Nabire) Deby Siska Bogar; Ellysa Nursanti; ST Salmia L. A.
Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Vol 1 No 1 (2015): Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri (JTMI)
Publisher : Program Studi Teknik Industri S2 ITN Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mengambil tema tentang Pengaruh Computer Anxiety dan Computer Attitude TerhadapKeahlian Menggunakan Komputer Pada Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Teknik InformatikaUniversitas Satya Wiyata Mandala Nabire). Tujuan pertama dari penelitian ini adalah menguji pengaruhcomputer anxiety dan computer attitude terhadap keahlian mahasiswa teknik informatika dalammenggunakan komputer. Mengusulkan metode pengenalan dan pengajaran komputer yang dapatmeningkatkan keahlian mahasiswa teknik informatika Sampel yang diambil adalah mahasiswa teknikinformatika universitas satya wiyata mandala Nabire sebanyak 60 responden. Alat analisis yangdigunakan adalah SPSS. Tahapan penelitian diawali pengambilan sampel kemudian dilanjutkan tahappenguiian, uji validitas dan reliabilitas, uji regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan padavariabel computer anxiety terdapat satu variabel yang terbukti berpengaruh signifikan yaitu variabelcomputer anticipation. Pada variabel computer attitude terdapat satu variabel yang terbukti berpengaruhsignifikan yaitu variabel computer optimism. Kemampuan perediksi keempat variabel independentterhadap keahlian mahasiswa menggunakan komputer sebesar 31.20% sebagaimana ditunjukkan olehnilai koefisien determinasi. Hasil ini menunjukkan masih terdapat faktor lain yang mempengaruhikeahlian dalam menggunakan komputer, faktor tersebut adalah faktor eksternal seperti: faktor budaya,politik, ekonomi, sarana informasi (internet), dll.
Analisis Peningkatan Kualitas Pelayanan (Studi Kasus: Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Puncak Jaya) Riky Flying; Sutriyono; Prima Vitasari
Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Vol 1 No 1 (2015): Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri (JTMI)
Publisher : Program Studi Teknik Industri S2 ITN Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peranan pemerintah daerah sangat dibutuhkan oleh masyarakat dalam hal memberikan pelayanan publikyang berkualitas dan terus meningkat dari waktu ke waktu. Tuntutan tersebut semakin berkembangseirama dengan tumbuhnya kesadaran bahwa warga negara memiliki hak untuk dilayani dan kewajibanpemerintah untuk memenuhi kebutuhannya tersebut. Tujuan penelitian ini untuk menganalisisPeningkatan Kualitas Pelayanan pada Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Puncak Jaya. TeknikPengumpulan dimulai dengan membuat model, perancangan kuesioner dan penyebarannya dilanjutkandengan pengolahan data dengan menggunakan SPSS 20. Jenis penelitian ini adalah penelitianeksplanatoris dan cross-sectional dengan pendekatan deskriptif. Dengan adanya model tersebut, makapenulis melakukan penelitian dengan menggunakan SERVQUAL (Services Quality). Hasil penelitianyang diperoleh, deskripsi kualitas layanan pada dimensi tangible dinilai beragam oleh masyarakat. Nilairata-rata pada ketiga butir pengukur tangible berkisar 2,00 - 3,53 yang memberikan makna bahwakualitas layanan yang kurang baik. Deskripsi kualitas layanan pada dimensi reliability juga dinilaiberagam oleh masyarakat. Kisaran jawaban mengandung skor 1 – 5 dan nilai rata-rata pada ketiga butirpengukur reliability berkisar 2,13 - 2,30 yang memberikan makna bahwa kualitas layanan yang kurangbaik. Gambaran kualitas layanan pada dimensi responsiveness dinilai beragam oleh masyarakat.Kisaran jawaban mengandung skor 1 – 5 dan nilai rata-rata pada ketiga butir pengukur responsivenessberkisar 1,93 - 2,37 yang memberikan makna bahwa kualitas layanan yang kurang baik. Deskripsikualitas layanan pada dimensi assurance juga dinilai beragam oleh masyarakat. Kisaran jawabanmengandung skor 1 – 5 dan nilai rata-rata pada ketiga butir pengukur assurance berkisar 2,07 - 2,87yang memberikan makna bahwa kualitas layanan yang kurang baik. Deskripsi kualitas layanan padadimensi empathy juga dinilai beragam oleh masyarakat. Kisaran jawaban mengandung skor 1 – 5 dannilai rata-rata pada ketiga butir pengukur empathy berkisar 2,77 - 3,83. Nilai pada kisaran inimemberikan makna bahwa kualitas layanan yang melingkupi kemampuan petugas dalam memahamimasalah, pemberian perhatian yang besar dan petugas menciptakan kemudahan saat masyarakatmembutuhkan pelayanan cenderung dinilai kurang baik. Deskripsi ini mengandung makna masyarakatsudah merasakan adanya empati petugas saat di kantor Humas Setda Kabupaten Puncak Jaya.Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas sumber daya manusia sangat berperandalam menentukkan lima kualitas jasa, yaitu; Reliability (kehandalan), Responsiveness (ketanggapan),Assurance (jaminan), Emphaty (empati), Tangibles (bukti langsung). Kelima penentu kualitas jasainilah, yang digunakan sebagai dasar pengukuran tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayananhumas.
Evaluasi Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi Dengan Metode Quality Function Deployment (QFD) Pada Universitas Satya Wiyata Mandala Nabire Everly Titaley; Sutriyono; Eko Marsyahyo
Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Vol 1 No 1 (2015): Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri (JTMI)
Publisher : Program Studi Teknik Industri S2 ITN Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan UU Sistem Pendidikan Nasional No 2 tahun 1989 pasal 55 dan No 12 tahun 2012 pasal 41serta UU Perpustakaan No 43 tahun 2007 pasal 1 disebutkan “bahwa Perpustakaan sebagai Institusipengelola karya Tulis, karya cetak dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang bakuguna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi dan rekreasi para pemustaka”sehingga evaluasi pelayanan perlu dilakukan dalam upaya meningkatkan kualitas layanan dengantujuan menghasilkan suatu prioritas pengembangan pada perpustakaan perguruan tinggi khususnyaUniversitas Satya Wiyata Mandala Nabire. Penelitian ini dilakukan pada 83 responden yangmewakili 486 populasi mahasiswa yang sering berkunjung ke perpustakaan, denganmenggunakan metode Quality Function Deployment untuk mengetahui atribut-atribut jasa yangdiinginkan Mahasiswa, tingkat kepentingan, kinerja Perpustakaan, parameter teknik, kebutuhan prosesdan prosedur kualitas. QFD diaplikasikan untuk menterjemahkan apa yang diinginkan oleh konsumenke dalam prosedur kualitas yang lebih terperinci, jelas, teknis dan operasional untuk diterapkan dalamstrategi manajemen Perpustakaan. Hasil dari penelitian dengan menggunakan QFD didapatkan 17atribut jasa yang diinginkan oleh Mahasiswa dan diterjemahkan ke dalam 11 parameter teknik dalamHouse of Quality (HOQ) tahap 1. Matrik HOQ tahap 2 menggambarkan bagaimana 15 parameterteknik tersebut dijabarkan menjadi 14 kebutuhan proses untuk menjadi 17 prosedur kualitas besertaurutan prioritasnya berdasarkan Raw weight. Urutan prioritas prosedur kualitas inilah yang menjadipedoman dalam pengembangan jasa Perpustakaan Pusat Universitas Satya Wiyata Mandala Nabire
Rancangan Sistem Informasi Manajemen Sekolah Berbasis Web Interaktif Terintegrasi Di Smk Negeri 1 Nabire Ignatius Endar N; Ellysa Nursanti; Fourry Handoko
Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Vol 1 No 1 (2015): Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri (JTMI)
Publisher : Program Studi Teknik Industri S2 ITN Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu akibat perkembangan teknologi informasi adalah kebutuhan akan adanya suatu sisteminformasi yang dapat menyampaikan informasi secara cepat, tepat dan lengkap dari perusahaanatau instansi tersebut. Berdasarkan latar belakang masalah maka dapat dirumuskan bagaimanamembangun sebuah sistem informasi sekolah berbasis web. Penelitian ini bertujuan untuk merancangsebuah sistem informasi manajemen Sekolah Menegah Kejuruan Negeri 1 Nabire yang interaktif danterintegrasi berbasis web. Metodelogi yang digunakan dalam perancangan sistem informasi inimenggunakan metode pendekatan berorientasi objek, beberapa hal yang dilakukan antara lain melakukansurvei awal ke SMK Negeri 1 Nabire, kemudian merumuskan permasalah yang ada pada sekolah tersebut,melakukan pengumpulan data, melakukan perancangan sistem, dan terakhir mengimplementasikan hasilrancangan kedalam program menggunakan bahasa pemrograman PHP. Hasil penelitian ini menunjukanbahwa penggunaan sistem informasi berbasis web menjadi sebuah revolusi publikasi dalam membukajangkauan informasi yang lebih luas lagi untuk menyampaikan berbagai jenis informasi mengenai sekolahtersebut, menghilangkan batasan waktu, jarak dan tempat sebagai halangan bagi siswa, orang tua, guru danmasyarakat yang ingin memperoleh informasi tentang sekolah. Pengembangan sebuah sistem informasi wajibdilakukan, seiring terus berkembangnya teknologi informasi dan kebutuhan akan informasi sertapermasalahan yang semakin komplek di SMK Negeri 1 Nabire.
Pengaruh Kualitas Layanan, Kepuasan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Kereta Api Eksekutif DAOP 8 Surabaya Ananto Hayuning Rat; ST Salmia L.A.; Julianus Hutabarat
Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Vol 1 No 2 (2015): Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri (JTMI)
Publisher : Program Studi Teknik Industri S2 ITN Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis loyalitas konsumen pengguna kereta api eksekutif di DaerahOperasi 8 Surabaya. Kompetisi antar moda transportasi mengharuskan strategi pelayanan diupayakansebaik mungkin dengan melihat kebutuhan konsumen. Kualitas layanan, kepuasan dan kepercayaanmenjadi penentu dalam mengukur loyalitas. Penulis menggunakan Non Probability Sampling denganmembagikan kuesioner kepada 215 responden dari stasiun kedatanganGubeng Surabaya. Dengan modelStructural Equation Modelling dan Smart PLS, dapat diketahui diduga hipotesanya, dan dapat diketahuijalur yang paling efektif antar konstruk, serta variabel yang menjadi prioritas perhatian dari manajemenPT Kereta ApiDaop 8 Surabaya. Terdapat hasil yang menunjukkan bahwa kualitas layanan mempunyaipengaruh positif secara langsung terhadap kepuasan konsumen, juga mempunyai pengaruh positifterhadap kepercayaan dan loyalitas konsumen. Dengan kualitas layanan yang baik, maka akan terbentukkepuasan dan kepercayaan, sehingga dapat menghasilkan loyalitas konsumen.
Analisa Kompetensi Sumber Daya Manusia Dengan Metode Quality Function Deployment (QFD) (Studi Kasus di Biro Personalia PT. XYZ) Mariza Kertaningtyas; Sutriyono; Fourry Handoko
Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Vol 1 No 2 (2015): Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri (JTMI)
Publisher : Program Studi Teknik Industri S2 ITN Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah sumber daya manusia masih menjadi isu bagi perusahaan untuk tetap dapat bertahan dalam era globalisasi. Oleh karena itu, sumber daya manusia merupakan kunci pokok yang harus diperhatikan karenasumber daya manusia akan menentukan keberhasilan pelaksanaan kegiatan perusahaan untuk mencapai suatu sasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan kompetensi sumber daya manusia. Penelitian ini dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu diawali dengan studi lapangan mengenai kompetensi seperti observasi, wawancara selanjutnya menyebarkan kuesioner pada biro personalia dengan jumlah tiga puluh tiga responden. Untuk pengujian validitas dan reliabilitasnya menggunakan bantuan software SPSS windows 20.0 dan untukanalisis dan interpretasi data menggunakan metode Quality Function Deployment. Dari nilai Raw Weight diperoleh perkalian dua komponen yaitu tingkat kepentingan dan Improvement Ratio. selanjutnya berdasarkan atribut primernya diambil 8 atribut dengan nilai Raw Weight tertinggi sehingga menjadi prioritas untuk pengembangan kompetensi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka didapatkan kesimpulan delapan kompetensi prioritas. Dari kedelapan kompetensi prioritas tersebut berdasarkan nilai raw weight-nya yang paling dominan adalah kompetensi memiliki performansi lebih dari yang diharapkan oleh pekerjaan itu sendiri sebesar 6,49. Selanjutnya kompetensi ini dapat dikembangkan dengan menambahkan ke dalam parameter standar kepegawaian dan dengan memperbanyak pelatihan maupun seminar tentang sumber daya manusia yang berkelanjutan.
Perencanaan Kontrol Kecelakaan Kerja Menuju Zero Accident Pada Industri Pabrik Gula NBH Danar Rahadian; Ellysa Nursanti; Dayal Gustopo
Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Vol 1 No 2 (2015): Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri (JTMI)
Publisher : Program Studi Teknik Industri S2 ITN Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada suatu tempat kerja penyebab terjadinya angka kecelakaan kerja disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor lingkungan sebanyak 15% dan faktor manusia 85%. Latar belakang terjadinya kecelakaan kerja yang disebabkan oleh faktor manusia disebabkan oleh kelalaian pekerja yang bekerja tidak sesuai dengan standard operational procedur (SOP) dan kurang memahami mengenai keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementrian Tenaga Kerja Republik Indonesia mengatur K3 melalui Undang-Undang dan Permenaker. Penelitian ini merencanakan model kontrol yang tepat untuk mengurangi angka kecelakaan kerja menuju zero accident. Model kontrol yang digunakan adalah continuous improvement dengan sistem Plan-Do-Check-Action (PDCA) mulai tahun 2011 sampai dengan 2015 pada stasiun kerja boiler yaitu pekerjaan cleaning boiler. Pada Pabrik Gula NBH kecelakaan kerja yang sering terjadi adalah kaki terperosok/terpeleset dan mata terkena debu/kotoran. Continuous improvement yang dilakukan menitikberatkan pada APD. Tiap-tiap pekerja diharapkan disiplin dalam penggunaan APD, mengetahui cara memakai APD yang benar, dan kesadaran pekerja mengenai pentingnya menggunakan APD dalam bekerja. Disamping itu juga pengembangan pengetahuan pekerja mengenai APD dan K3. Hasil penelitian angka kecelakaan kerja menurun secara signifikan.

Page 1 of 13 | Total Record : 128