Menara Ilmu
Vol 10, No 60-65 (2016): Jurnal Edisi 2016

PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS (Survei pada SMK Negeri di Jakarta Selatan)

Hafsah, Hafni (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2017

Abstract

Penelitian ini merupakan survei yang bertujuan untuk menemukan dan menganalisis secara empiris pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar Bahasa Inggris, pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar Bahasa Inggris, pengaruh minat dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Bahasa Inggris siswa. Populasi terjangkau pada penelitian ini adalah siswa kelas X di 3 SMK Negeri di Jakarta Selatan. Sampel penelitian diperoleh melalui metode simple random sampling yaitu peneliti mencampurkan subyek-subyek didalam populasi sehingga semua subyek dianggap sama. Rancangan penelitian yang digunakan melalui teknik korelasi dengan tiga variabel yang terdiri dari dua variabel bebas, yaitu minat belajar dan motivasi belajar serta satu variabel terikat, yaitu prestasi belajar Bahasa Inggris. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner untuk dua variabel bebas dan pengambilan data sekunder hasil tes obyektif untuk variable terikat. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan teknik korelasi dan regresi ganda. Sebelum data dianalisis, terlebih dahulu dilakukan analisis statistik deskriptif dan uji persyaratan data (uji normalitas dan uji linieritas), sebelum uji regresi dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh yang signifikan antara minat dan motivasi belajar baik secara bersama-sama maupun parsial terhadap prestasi belajar Bahasa Inggris, dengan koefisien korelasi sebesar 0,794 dan koefisien determinasi 0,63 atau 63%. Persamaan regresi yang dihasilkan Y=14,338+0,794X1+0,630X2. Hal ini dapat diartikan bahwa prestasi belajar Bahasa Inggris seorang siswa dipengaruhi oleh minat dan motivasi belajarnya.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

menarailmu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education

Description

MENARA ILMU, Merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang Diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang Eksakta, pendidikan/sosial dan Agama Islam untuk ...