Dukungan sosial orangtua dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa. Siswa dituntut mampu meningkatkan kepercayaan diri dalam proses pembelajaran agar mendapatkan hasil memuaskan. Namun kenyataannya masih ada siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) dukungan sosial orangtua, (2) kepercayaan diri siswa, dan (3) menguji hubungan dukungan sosial orangtua dengan kepercayaan diri siswa. Metode penelitian kuantitatif jenis deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini kelas VII & VIII di SMP Negeri 22 Padang sebanyak 515 siswa dan sampel sebanyak 225 siswa dengan Stratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan kuisioner. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan teknik Pearson Product Moment dengan bantuan program SPSS for windows 20. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa: (1) dukungan sosial orangtua berada pada kategori sangat tinggi, (2) kepercayaan diri siswa berada pada kategori tinggi, dan (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial orangtua dengan kepercayaan diri siswa dengan koefisien korelasi 0,649 dan taraf signigikan 0,000.
Copyrights © 2017