Jurnal Menssana
Vol 2 No 2 (2017): Jurnal Menssana

Pengaruh Gaya Mengajar dan Koordinasi Mata-Tangan Terhadap Keterampilan Dasar Bermain Bulutangkis

Ade Zalindro (Fakultas Ilmu Keolahragaan Univeristas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2017

Abstract

Tujuan daripenelitian ini adalah untukmengetahui pengaruh gaya mengajar yaitu gaya inklusi dan latihan terhadap keterampilan dasar bermain Bulutangkis. Penelitian ini dilakukanpada siswa SMPN 32 Padang, penelitian ini menggunakan treatment by level 2 x 2. Sampel terdiri dari 48 siswa dibagi menjadi empat kelompok, masing-masing terdiri dari 12 siswa. Teknik analisis data adalah analisis varians dua jalur (ANOVA) dan selanjutnya dilanjutkan dengan uji Tukey pada tingkat signifikansi α = 0.05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Gaya Latihan memberikan pengaruh yang lebih besardaripada gaya Inklusi dalampeningkatkan keterampilan dasar bermain bulutangkis. (2) Terdapat interaksi antara gaya mengajar dengan koordinasi mata-tangan terhadap peningkatkan keterampilan dasar bermain bulutangkis. (3) Pada koordinasi mata-tangan tinggi, gaya latihan memberikan pengaruh yang lebih besar daripada gaya inklusi untuk meningkatkan keterampilan dasar bermain bulutangkis. (4) Pada koordinasi mata-tangan rendah, tidak terjadi perbedaan pengaruh yang berarti antara gaya latihan dengan gaya inklusi terhadap peningkatkan keterampilan dasar bermain bulutangkis.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jm

Publisher

Subject

Other

Description

Penerbitan Jurnal Menssana bertujuan untuk memfasilitasi interaksi, diskusi dan pemutakhiran gagasan dari para ilmuwan olahraga di Indonesia. Jurnal Menssana berisi penelitian empiris dalam bidang Pendidikan Olahraga, Pendidikan Rekreasi, dan Kesehatan, Ilmu Keolahragaan serta kepelatihan olahraga. ...