ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Media sosial sebagai sebuah ruang hiperealitas; studi kasus pada Twitter”. Zaman modern ini internet sudah dianggap menjadi wadah berkunjung bagi masyarakat yang melek teknologi. Kebutuhan yang disediakan dalam internet mencakup berbagai varian dengan situs kunjungan yang berbeda. Serangkaian proses menempatkan sistem maya sebagai wadah penghubung dengan situs-situs sebagai perantaranya. Teori yang digunakan adalah teori Simulasi/ Hiperealitas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan, observasi partisipan, dan wawancara dengan 3 orang informan. Berdasarkan hasil penelitian, wawancara dan analisis yang telah peneliti lakukan mengenai media sosial sebagai sebuah ruang hiperalitas, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan yakni media social Twitter telah memenuhi unsur-unsur sebagai sebuah ruang hiperealitas menurut teori hiperealitas Baudrilard.
Copyrights © 2018