Prosiding Konfererensi Nasional Bahasa Arab
No 4 (2018): Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab IV

WACANA METODOLOGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Perbandingan Jurnal Arabiyat dan Lisanuna)

Fatimah Azzahra Mutmainah (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2018

Abstract

Abstrak: Metodologi pembelajaran bahasa Arab sebagai ilmu belum mengalami perkembangan yang signifikan. Beberapa buku tentang metodologi yang ditulis oleh para pakar di bidangnya juga memperlihatkan hal sama dengan metodologi pembelajaran bahasa Arab yang ditulis oleh para ulama bahasa Arab dari negara-negara Timur Tengah. Ini menandakan bahwa tidak ada pembedaan antara bahasa Arab yang dipelajari oleh orang Arab sebagai penutur asli dan bahasa Arab sebagai bahasa asing. Untuk melihat bagaimana para sarjana mendiskusikan metodologi pembelajaran bahasa Arab yang seharusnya sebagai bahasa asing, penelitian ini menggunakan analisis wacana kritis sebagai alat untuk membedah dua jurnal pendidikan bahasa Arab, yaitu Jurnal Arabiyat dan Lisanuna. Oleh karena itu, studi ini akan menginvestigasi kedua jurnal tersebut melalui analisis teks, analisis praktek kewacanaan, dan analisis praktek sosial kultural.Kata Kunci: Wacana, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Jurnal Arabiyat, Jurnal Lisanuna

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

konasbara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Konferensi Nasional Bahasa Arab tahunan JURUSAN SASTRA ARAB FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS NEGERI MALANG Tema : Kreativitas dan Inovasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia Sub Tema : Strategi Pembelajaran Bahasa Arab MetodePembelajaran Bahasa Arab Media Pembelajaran Bahasa Arab Kurikulum ...