Abstrak: Metodologi pembelajaran bahasa Arab sebagai ilmu belum mengalami perkembangan yang signifikan. Beberapa buku tentang metodologi yang ditulis oleh para pakar di bidangnya juga memperlihatkan hal sama dengan metodologi pembelajaran bahasa Arab yang ditulis oleh para ulama bahasa Arab dari negara-negara Timur Tengah. Ini menandakan bahwa tidak ada pembedaan antara bahasa Arab yang dipelajari oleh orang Arab sebagai penutur asli dan bahasa Arab sebagai bahasa asing. Untuk melihat bagaimana para sarjana mendiskusikan metodologi pembelajaran bahasa Arab yang seharusnya sebagai bahasa asing, penelitian ini menggunakan analisis wacana kritis sebagai alat untuk membedah dua jurnal pendidikan bahasa Arab, yaitu Jurnal Arabiyat dan Lisanuna. Oleh karena itu, studi ini akan menginvestigasi kedua jurnal tersebut melalui analisis teks, analisis praktek kewacanaan, dan analisis praktek sosial kultural.Kata Kunci: Wacana, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Jurnal Arabiyat, Jurnal Lisanuna
Copyrights © 2018