Daya Saing : Jurnal Ilmu Manajemen
Vol 3 No 2 (2017)

ANALISIS KEPERCAYAAN KONSUMEN DAN DAMPAKNYA TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN ONLINE PADA WEBSITE OLX DI PEKANBARU

AFRED SUCI (Universitas Lancang Kuning)
MASIRUN MASIRUN (Universitas Lancang Kuning)
IKA BERTY APRILIYANI (Universitas Lancang Kuning)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2017

Abstract

Perkembangan teknologi internet dan tren kemunculan toko-toko onlihe telah memberi banyak kesempatan bagi usaha mikro dan kecil di Indonesia. Keadaan ini mendorong peta persaingan baru di industri e-niaga. OLX sebagai salah satu dari banyak pemain e-commerce, menghadapi tekanan ketat dari pesaing. Penelitian ini, dengan demikian, menjadi penting untuk dilakukan mengingat masih rendahnya kepercayaan konsumen terhadap belanja online. Hal ini akan menghambat pertumbuhan industri mikro dan kecil di Indonesia karena ada sedikit keraguan untuk membeli secara online di kalangan konsumen. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kepercayaan konsumen dan dampaknya terhadap perilaku pembelian online di situs OLX. Responden terdiri dari 96 konsumen, dipilih dengan menggunakan snowball sampling. Data primer dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner terstruktur. Data dianalisis dengan analisis deskriptif untuk mengukur tingkat kepercayaan dan perilaku pembelian secara online, sedangkan pendekatan inferensial dengan menggunakan analisis regresi sederhana dioperasikan untuk menguji dampak kepercayaan terhadap perilaku pembelian online konsumen. Kata kunci: e-Commerce, e-Trust dan Perilaku Pembelian Online

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

dayasaing

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Other

Description

Jurnal Daya Saing (Online ISSN: 2541-4356 | Print ISSN : 2407-800X) published by Komunitas Manajemen Kompetitif. This journal published thrice in February, June and October. It contain the articles such as scientific papers (research and non-research), analytical studies, theoretical applications ...