Jurnal Pengajaran Seni dan Budaya
Vol 4, No 1 (2019): Juli 2019

ANALISIS KEMAMPUAN APRESIASI SENI TARI BERBASIS KEARIFAN LOKAL MELALUI PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 WOIHA

Asriani Yunita<br> Barlian<br> La Ili (uho)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui kemampuan apresiasi pembelajaran seni tari yang berbasis kearifan lokal melalui pemanfaatan media audio visual pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Woiha; dan 2) untuk mengetahui dan menganalisis kemampuan apresiasi gerak, simbol, dan makna tari lulo pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Woiha. Penelitian ini  menggunakan  metode  deskriptif  kualitatif dengan teknik pengumpulan  data  melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Woiha sebanyak 31 orang. Teknik analisis data melalui reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan apresiasi siswa kelas IV SD Negeri 1 Woiha pada materi seni tari lulo dengan memanfaatkan media audio visual baik yang yang diiringi alat musik tradisonal maupun musik modern terlihat bahwa antusias siswa semakin baik dimana pembelajaran seni tari lulo yang berbasis kearifan lokal melalui pemanfaatan media audio visual dengan diiringi musik tradisonal maupun musik moderen umumnya siswa merasa sangat senang hal ini dapat menimbulkan kegairahan dalam belajar, memungkinkan interaksi yang lebih langsung, dan memungkinkan siswa belajar mandiri menurut kemampuan dan minatnya. Selain itu, media audio visual mengurangi kelemahan siswa  memberikan perangsang perangsang yang sama, mempersamakan pengalaman, dan menimbulkan persepsi yang sama. Pembelajaran dengan memanfaatkan media audio visual  dalam pembelajaran siswa kelas IV SD Negeri 1 Woiha dapat mengapresiasi gerak, simbol, dan makna tari lulo dengan baik yang meliputi pakaian adat pada tari lulo, gerak  “samaturu meduluronga mepokoaso” yang disimbolkan dalam  tari lulo, nilai  kebersamaan  pada tari lulo, nilai-nilai kesopanan pada tari lulo, gerak (moese, molakoako, dan nilulo-lulo) yang tampak pada tari lulo, dan dapat melakukan gerak tari lulo.Keyword: Apresiasi; Lulo; Media;

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPSB

Publisher

Subject

Arts Humanities Education

Description

Selamat datang di Jurnal Pembelajaran Seni dan Budaya (JPSB), jurnal elektronik yang diterbitkan Program studi Pendidikan Seni, Pascasarjana Universitas Halu Oleo Kendari. Jurnal Pembelajaran Seni dan Budaya (JPSB), adalah media untuk diskusi ilmiah, deskripsi, dan riset mengenai pendidikan seni dan ...