Jurnal Pengajaran Seni dan Budaya
Vol 4, No 1 (2019): Juli 2019

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SENI BUDAYA SISWA YANG AKTIF DAN YANG TIDAK AKTIF DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SENI DI SMP NEGERI 48 KONAWE SELATAN

Alfiah<br> I Ketut Suardika<br> La Aso (uho)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk (1) mendeskripsikan prestasi belajar seni budaya siswa yang aktif dan yang tidak aktif dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seni di SMP Negeri 48 Konawe Selatan; dan (2) mendeskripsikan apakah ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa mata pelajaran seni budaya yang aktif dan yang tidak aktif dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seni di SMP Negeri 48 Konawe Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif yang bertujuan untuk membandingkan suatu variabel dengan variabel lainnya. Sampel pada penelitian ini adalah siswa yang aktif dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seni sebagai variable X1, dan siswa yang tidak aktif dalam mengikuti kegiatan ektrakurikuler seni sebagai variable X2. Instrumen yang digunakan untuk mengambil data penelitian adalah tes hasil belajar seni budaya, yaitu tes seni budaya yang diberikan oleh guru. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan program SPSS for windows 13.0.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar seni budaya siswa yang aktif dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seni di SMP Negeri 48 Konawe Selatan diperoleh skor rata-rata (mean) sebesar 8,365; skor tengah (median) sebesar 8,42; mode (modus) sebesar 8,16; sedangkan prestasi belajar siswa yang tidak aktif dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seni di SMP Negeri 48 Konawe Selatan diperoleh skor rata-rata (mean) sebesar 7,27; skor tengah (median) sebesar 7,37; mode (modus) sebesar 7,37. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa nilai thitung 8,105 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 5% (0,000 <0,05), maka hipotesis yang menyatakan bahwa “Ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar seni budaya siswa yang aktif dan yang tidak aktif dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seni di SMP Negeri 48 Konawe Selatan” diterima. Perbedaan ini ditunjukkan dari prestasi belajar seni budaya  siswa yang aktif lebih baik, dari pada yang tidak aktif dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seni di SMP Negeri 48 Konawe Selatan.Keyword: Belajar; Ekstrakurikuler;Prestasi;

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPSB

Publisher

Subject

Arts Humanities Education

Description

Selamat datang di Jurnal Pembelajaran Seni dan Budaya (JPSB), jurnal elektronik yang diterbitkan Program studi Pendidikan Seni, Pascasarjana Universitas Halu Oleo Kendari. Jurnal Pembelajaran Seni dan Budaya (JPSB), adalah media untuk diskusi ilmiah, deskripsi, dan riset mengenai pendidikan seni dan ...