Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 4, No 1 (2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD SETTING RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SMP NEGERI 10 POLEANG SELATAN BOMBANA

Hartuti . (Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo)
Hafiludin Samparadja (Unknown)
Awaludin . (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2017

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII A  SMP Negeri 10 Poleang Selatan melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD setting Reciprocal Teaching pada pokok bahasan faktorisasi bentuk aljabar. Dari hasil analisis dan pembahasan, diperoleh kesimpulan: (1) Rata-rata nilai hasil belajar siswa siklus I adalah 66,25atau 55% dan siklus II ialah 82,7 atau 90%. (2) Persentase aktivitas guru pada siklus I ialah 62,49% mengalamipeningkatan  menjadi 91,66% pada siklus II (3) Persentase aktivitas siswa mengalami peningkatan dari 53,49% pada siklus I menjadi 86,15% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang dikemukakan diatas, dapat disimpulakan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Poleang Selatan pada pokok bahasan Faktorisasi Bentuk Aljabar dapat meningkatkan hasil belajar  melalui Settingan Reciprocal Teaching dan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Kata Kunci: hasil belajar; STAD; reciprocal teaching

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...