cover
Contact Name
Dr. Zamsir, M.Pd
Contact Email
zamsir@uho.ac.id
Phone
+6285228082375
Journal Mail Official
jppm@uho.ac.id
Editorial Address
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 23386843     EISSN : 25990101     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan.
Articles 340 Documents
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 KENDARI Astuti S., Sitti Nur; Sudia, Muhammad; Rahim, Utu
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 7, No 1 (2019)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (26.938 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v7i1.8245

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari yang terdiri dari 11 kelas paralel. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara simple random sampling. Data diperoleh menggunakan lembar observasi dan? instrumen berupa tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan: (1) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sebelum diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah memiliki nilai rata ? rata 39,01. Varians dan std. deviasi masing-masing sebesar 310,13 dan 17,61; (2) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah memiliki nilai rata ? rata 48,86. Varians dan std. deviasi masing-masing sebesar 533,33 dan 23,09; (3) model pembelajaran berbasis masalah memberikan pengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari.
DESKRIPSI KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SMP DI KABUPATEN KONAWE Holis, Muhammad Nur; ., Kadir; Sahidin, Latief
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 4, No 2 (2016)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (205.389 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v4i2.3070

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan literasi matematika siswa SMP Negeri di Kabupaten Konawe berdasarkan sekolah, kerangka tes PISA, dan bidang matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri yang tersebar di Kabupaten Konawe.Populasi tersebut diklasifikasi ke dalam 3 (tiga) kategori berdasarkan akreditasi sekolah, yaitu siswa pada sekolah akreditasi A, sekolah akreditasi B, dan sekolah akreditasi C. Dari keseluruhan sekolahdipilih secara acak 11 sekolah, kemudian dari masing-masing sekolah tersebut dipilih lagi secara acak satu atau dua kelas VIII sebagai sampel penelitian. Jumlah siswa sampel penelitian ini adalah 301 orang. Pengambilan data dilakukan dengan cara Tes Kemampuan Literasi Matematika (TKLM). Berdasarkan hasil analisis data TKLM diperoleh bahwa persentase rata-rata kemampuan literasi matematika siswa SMP Negeri di Kabupaten Konawe mencapai nilai kurang dari 60% untuk masing-masing level soal literasi matematika tipe PISA. Dalam skala 100, rata-rata kemampuan literasi matematika siswa hanya sebesar 7,7. Kata Kunci: kemampuan literasi matematika, pisa, kabupaten konawe.
PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 KENDARI MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN STRATEGI KOOPERATIF Wa Ode sam Sapiati; Yoo Eka Yana Kansil; La Arapu
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2013)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (457.579 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v1i2.2972

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk: (1) Mengetahui kemampuan komunikasi matematik siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari setelah diajar dengan pendekatan pembelajaran Problem Posing.(2) Mengetahui kemampuan komunikasi matematik siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari setelah diajar dengan pendekatan pembelajaran konvensional(3) Mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari yang diajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran problem posing dan kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional. Dari hasil analisis data berdasarkan hasil uji-t diperoleh t hitung = 3, 71429 lebih besar dari 1,68939 yang berarti Ho ditolak. Dengan kata lain secara signifikan kemampuan komunikasi matematik pada kelompok eksperimen lebih baik peningkatannya dari pada kelompok kontrol.Kata kunci: problem posing; pembelajaran kooperatif; komunikasi matematik  
PENGARUH MOTIVASI DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 4 KENDARI Wa Ode Samlia; La Ode Ahmad Jazuli; Zamsir Zamsir
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 7, No 1 (2019)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (917.721 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v7i1.8252

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian expost-facto. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan motivasi belajar siswa  kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari; (2) mendeskripsikan kebiasaan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari; (3) mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari; (4) mengetahui pengaruh motivasi dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar  siswa  kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari; (5) mengetahui pengaruh motivasi  belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari; (6) mengetahui pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII  SMP Negeri 4 Kendari. Hasil analisis data diperoleh kesimpulan: (1) siswa yang motivasi belajarnya baik mencapai   31,25%; (2) siswa  yang  kebiasaan belajarnya baik mencapai 32,5 %; (3)  siswa yang hasil belajarnya baik mencapai 70 %; (4) Secara bersama-sama motivasi dan kebiasaan belajar mempengaruhi hasil belajar matematika; (5) ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika; (6) ada pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika.
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 5 KENDARI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN OPEN-ENDED Firman Riansyah; Suhar .
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (534.764 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v2i1.3075

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: (1) peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa setelah diajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran open-ended, (2) peningkatankemampuan berpikir kreatif matematik siswa setelah diajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional, (3) perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik antara siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran open-ended dan siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian dilakukan secara purposive. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara random. Dari hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan (1) terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa yang signifikan pada kelas yang pembelajarannya menggunakan pendekatan pembelajaran open-ended. (2) terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa yang signifikan pada kelas yang pembelajarannya menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional. (3) peningkatan kemampuan berpikir kreatifmatematik siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran open-ended lebih baik secara signifikan daripada menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional.  Kata Kunci: open-ended; berpikir kreatif matematik; konvensional
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN SIBERNETIK TEORI-PRAKTEK DALAM MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR PADA SISWA KELAS X2 SMA NEGERI 3 KENDARI Putu Pursawati; Arvyaty .
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (618.18 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v2i1.3080

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 4 siklus dan  bertujuan (1) meningkatkan proses pembelajaran di SMA Negeri 3 Kendari pada materi sistem persamaan linear melalui penerapan pembelajaran sibernetik teori-praktek, (2) meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi sistem persamaan linear melalui penerapan pembelajaran Sibernetik Teori-Praktek pada siswa kelas X2SMA Negeri 3 Kendari. Dengan indikator keberhasilan minimal 75% siswa telah mencapai ketuntasan belajar klasikal dengan memperoleh nilai minimal 75, dan dan minimal 85% proses pelaksanaan tindakan. Pembelajaran Sibernetik Teori-Praktek telah dilaksanakan sesuaidengan rencana perbaikan pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan penerapan pembelajaran Sibernetik Teori-Praktek dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar matematika siswa kelas X2 SMA Negeri 3 Kendari pada materi Sistem Persamaan Linear. Kata Kunci: pembelajaran sibernetik; proses belajar; ketuntasan belajar
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN PADA SISWA DI KELAS VII-3 SMPN 10 KENDARI Syamsir Bin Laeto; Lambertus .; Kadir Tiya
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2015)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.527 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v3i1.2999

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dan hasil belajar matematika siswa kelas VII-3 SMPN 10 Kendari yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada materi Pecahan. Dari hasil analisis data diperoleh (1) dari segi proses pelaksanaan skenario pembelajaran mengalami peningkatan, pada siklus I mencapai 65,95% oleh guru dan 59,38% oleh siswa, pada siklus II mencapai 70% oleh guru dan 64,85% oleh siswa dan pada siklus III mencapai 92,5% oleh guru dan 86,72% oleh siswa. Sedangkan (2) dari segi hasil belajar matematika siswa meningkat dari 56,25% dengan nilai rata-rata 50,78 pada siklus I menjadi 68,75% dengan nilai rata-rata 68,91 pada siklus II hingga pada siklus III mencapai 78,13% dengan nilai rata-rata 72,19. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar matematika siswakelas VII-3 SMP Negeri 10 Kendari pada materi pokok Pecahan.Kata Kunci: pembelajaran kooperatif , two stay two stray, hasil belajar
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA SISWA MTs NEGERI 3 WAKATOBI DI BINONGKO Lelastri Lelastri; Suhar Suhar; Ikman Ikman
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 7, No 2 (2019)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (719.939 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v7i2.8270

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Wakatobi di Binongko yang terdiri dari 3 kelas paralel berjumlah 59 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik class random sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari 39 siswa, yang terbagi atas dua kelompok  belajar, yaitu kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 20 siswa dan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol berjumlah 19 siswa. Data diperoleh menggunakan instrumen berupa tes hasil belajar kognitif matematika siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian secara deskriptif dan secara inferensial menunjukan bahwa: (1) Rata-rata hasil belajar kognitif matematika siswa yang pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah adalah 80,42; (2) Rata-rata hasil belajar kognitif matematika siswa yang pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional adalah 70,03; (3) Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar kognitif matematika siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Wakatobi di Binongko.
PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 KENDARI YANG DIAJAR MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN KONVENSIONAL Anna Devita Sari; Utu Rahim; La Arapu
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2014)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (726.532 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v2i2.3092

Abstract

Penelitian ini menggunakan desain penelitian Randomized Control Group PreTest-PostTest. Dari hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan: (1) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematik siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran PBL sebesar 0,68 tergolong klasifikasi sedang dimana 39,03 % siswa memperoleh peningkatan lebih dari 0,70 dalam klasifikasi  tinggi dan 60,97% siswa memperoleh peningkatan pada interval 0,30-0,70 dalam klasifikasisedang, (2) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematik siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional sebesar 0,38 tergolong klasifikasi sedang dimana 75,61% siswa memperoleh peningkatan pada interval 0,3-0,70 dalam klasifikasi sedang dan 24,39 % siswa memperoleh peningkatan kurang dari 0,30 dalam kategori rendah, (3) Kemampuan berpikir kritis matematik siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran PBL lebih baik secarasignifikan peningkatannya dari kemampuan berpikir kritis matematik siswa yang diajar denganmenggunakan model pembelajaran konvensional.  Kata Kunci: perbedaan; berpikir kritis matematik; problem based learning
PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 11 KENDARI Citra, Sandri Yulia; Anggo, Mustamin; Kadir, Kadir
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 7, No 2 (2019)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (26.938 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v7i2.8275

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 11 Kendari yang tersebar di 4 kelas paralel dengan jumlah 101 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian dilakukan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes kemampuan pemahaman berbentuk tes uraian. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan: (1) kemampuan pemahaman matematis siswa yang diajar dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada materi bentuk aljabar memiliki nilai minimum 62.50; nilai maksimum 91.67; nilai rata-rata 75.50; standar deviasi 8.45; varians 71.35; median 75.00 dan? modus 75.00, (2) kemampuan pemahaman matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran konvesional pada materi bentuk aljabar memiliki nilai minimum 37.50; nilai maksimum 79.17; nilai rata-rata 62.00; standar deviasi 10.85; varians 117.65; median 62.50; serta? modus 62.50 dan 70.83, (3) terdapat? pengaruh yang signifikan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa.

Page 1 of 34 | Total Record : 340