Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 3, No 1 (2015)

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 KENDARI PADA POKOK BAHASAN OPERASI BENTUK ALJABAR

Arzak . (Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo)
Muchtar Ibrahim (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dan yang diajar dengan model pembelajaran konvesional serta untuk mengetahui Apakah model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan hasil belajarmatematika siswa di Kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari pada pokok bahasan Operasi Bentuk Aljabar. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan secara sampel random sampling, dengan pertimbangan mengambil dua kelas yang memiliki kemampuan/nilai yang relatif sama. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa di Kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari pada pokok bahasan Operasi Bentuk Aljabar.Kata Kunci: efektifitas; pembelajaran kooperatif; TSTS 

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...