Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dan yang diajar dengan model pembelajaran konvesional serta untuk mengetahui Apakah model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan hasil belajarmatematika siswa di Kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari pada pokok bahasan Operasi Bentuk Aljabar. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan secara sampel random sampling, dengan pertimbangan mengambil dua kelas yang memiliki kemampuan/nilai yang relatif sama. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa di Kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari pada pokok bahasan Operasi Bentuk Aljabar.Kata Kunci: efektifitas; pembelajaran kooperatif; TSTS
Copyrights © 2015