Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 3, No 1 (2015)

PENGARUH DISPOSISI MATEMATIK DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI 7 DAN SMA NEGERI 9 KENDARI

Nurhaja . (Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo)
Suhar . (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh disposisi matematik dan dukungan sosial terhadap prestasi belajar matematika siswa SMA Negeri 7 dan SMA Negeri 9 Kendari. (2) Pengaruh disposisi matematik terhadap prestasi belajar matematika siswa SMA Negeri 7 dan SMA Negeri 9 Kendari. (3) Pengaruh dukungan sosial terhadap prestasi belajar matematika siswa SMA Negeri 7 dan SMA Negeri 9 Kendari. Dari hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Disposisi matematik dan dukungan sosial memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa. Prestasi belajar matematika siswa kedua SMA tersebut dapat dijelaskan sebanyak 2,8% oleh disposisi matematik dan dukungan sosial, 97,2% lainnya dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. (2) Disposisi matematik memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa. Prestasi belajar matematika siswa kedua SMA tersebut dapat dijelaskan sebanyak 3,1% oleh disposisi matematik, 96,9% lainnya dijelaskan oleh faktor lain. (3) Penelitian inibelum dapat menunjukkan pengaruh dukungan sosial terhadap prestasi belajar matematika siswa.Kata Kunci: disposisi matematik; dukungan social; hasil belajar matematika 

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...