Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah open-ended siswa kelas VII-2 SMPN 3 Kulisusu melalui pendekatan pengajuan masalah. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus mengikuti tahapan kegiatan: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi danrefleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah open-ended siswa kelas VII-2 SMP Negeri 3 Kulisusu dapat ditingkatkan melalui pendekatan pengajuan masalah. Hal ini dapat diketahui melalui hasil tes awal, yaitu tidak ada siswa yang berhasil mencapai nilai minimal 70 dan meningkat pada siklus I, yaitu sebanyak 7 orang siswa atau 37% siswa telah memperoleh nilai minimal 70; kemudian meningkat lagi pada hasil tes siklus II, yait u terdapat 12 orang siswa atau 63 % siswa telah memperoleh nilai minimal 70 dan pada hasil tes siklus III meningkat lagi, yaitu 17 orang siswa atau 89 % siswa telah mencapai nilai minimal 70.Kata Kunci: open-ended; pemecahan masalah; meningkatkan
Copyrights © 2015