Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 3, No 1 (2015)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH OPEN-ENDED SISWA KELAS VII-2 SMPN 3 KULISUSU MELALUI PENDEKATAN PENGAJUAN MASALAH PADA POKOK BAHASAN SEGI EMPAT

Indah Mawarni Gafur (Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo)
Muhammad Sudia (Unknown)
Hasnawati . (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah open-ended siswa kelas VII-2 SMPN 3 Kulisusu melalui pendekatan pengajuan masalah. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus mengikuti tahapan kegiatan: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi danrefleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah open-ended siswa kelas VII-2 SMP Negeri 3 Kulisusu dapat ditingkatkan melalui pendekatan pengajuan masalah. Hal ini dapat diketahui melalui hasil tes awal, yaitu tidak ada siswa yang berhasil mencapai nilai minimal 70 dan meningkat pada siklus I, yaitu sebanyak 7 orang siswa atau 37% siswa telah memperoleh nilai minimal 70; kemudian meningkat lagi pada hasil tes siklus II, yait u terdapat 12 orang siswa atau 63 % siswa telah memperoleh nilai minimal 70 dan pada hasil tes siklus III meningkat lagi, yaitu 17 orang siswa atau 89 % siswa telah mencapai nilai minimal 70.Kata Kunci: open-ended; pemecahan masalah; meningkatkan 

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...