Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui aktivitas belajar siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dan NHT. (2) Mengetahui ketuntasan belajar matematika siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TSTSdan NHT. (3) Mengetahui perbedaan yang signifikan antara nilairata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran koopratife tipe TSTS dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatife tipe NHT. Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik sampel random sampling. Berdasarkan hasil analisis data ,diperoleh kesimpulan bahwa (1) Aktivitas siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS maupun NHT tergolong dalam kategori efektif. (2) Ketuntasan belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS adalah sebesar 77,5%, sedangkan ketuntasan belajar siswayang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT adalah sebesar 55%.(3) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara rerata hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT.Kata Kunci: Two Stay-Two Stray, Numbered Heads Together, Hasil Belajar Matematika
Copyrights © 2015