Prosiding Semnastek
PROSIDING SEMNASTEK 2017

MERANCANG STRATEGI PENJUALAN PRODUK JASA PELATIHAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DATA MINING

Tri Agus Setiawan (Ilmu Komputer STMIK Nusa Mandiri Jakarta)
Richardus Eko Indrajit (ABFI Institute Perbanas, Jakarta)
Muh Fauzi (STMIK Bumigora Mataram, Mataram)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2017

Abstract

Sciencom adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa pelatihan dengan fokus di bidang teknologi informasi. Persaingan bisnis jasa pelatihan di Indonesia sangat ketat terbukti dari semakin banyaknya perusahaan sejenis di Indonesia khususnya Jakarta yang saat ini menjadi fokus perusahaan dalam mengembangkan bisnisnya. Hingga saat ini 90% pelanggan perusahaan adalah kementerian atau lembaga negara Indonesia. Perusahaan sangat jarang mendapatkan permintaan pelatihan dari perusahaan swasta atau perorangan. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang strategi pemasaran yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan penjualan, menarik pelanggan baru dan loyalitas pelanggan terhadap Sciencom. Metode yang digunakan dengan memanfaatkan konsep business intelligence yaitu penggunaan metode data mining untuk mengolah data registrasi peserta setiap melakukan pelatihan untuk mengolah, menganalisa dan mengevaluasi data sehingga didapatkan keputusan strategi pemasaran yang bagus untuk diterapkan. Hasil dari penelitian ini dideskripsikan bahwa atribut berpengaruh terhadap prediksi peserta yang terdaftar sebagai peserta pelatihan sehingga dapat dibuat rancangan strategi pemasaran yang baik. Kata kunci: Business Intelligence, Data Mining, Pemasaran

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

semnastek

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi (SEMNASTEK) merupakan kumpulan paper atau artikel ilmiah yang telah dipresentasikan di acara Seminar Nasional Sains dan Teknologi (SEMNASTEK) yang diadakan secara rutin tiap tahun oleh Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta. ...