Kota Pekanbaru merupakan salah satu kota yang berkembang, dimana saat ini perkembangan perbankan juga sangat pesat. Salah satunya adalah bank BPR. Persaingan antara bank konvensional ditambah dengan bank syariah sangat membuat bank BPR menjadi terus melakukan perbaikan. Khususnya dalam rangka menjaga nasabahnya. Usaha menjaga nasabah ini salah satunya adalah dengan membina kerelasian dengan mereka. Melalui pendekatan deskriptif dan survey kepada 50 orang nasabah BPR di Kota Pekanbaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BPR di Kota Pekanbaru, sangat bervariatif, dimana katagorinya dari kerelasian pemsaran jasa tidak baik menuju sangat baik. Oleh karena itu masih perlu adanya upaya peningkatan kerelasian pemasaran yang lebih baik lagi dan lebih merata. Upaya yang dapat dilakukan dalam membina kerelasian pemasaran produk BPR dengan cara menyediakan sarana untuk menampung saran nasabah, kemudian berdiskusi dengan nasabah, juga memberikan penjelasan proses kerja dan prosedur pada BPR, serta upaya membangun hubungan yang lebih dekat dengan nasabah yakni melalui penyediaan sistem informasi online. Kemudian dari sisi petugas BPR dalam membangun hubungan dengan pelanggan maka perlu meningkatkan rasa tanggung jawab, mengatasi masalah nasabah secara tuntas dengan cara memberikan pelatihan kepada petugas.
Copyrights © 2019