Jurnal Ulul Albab
Vol 22, No 2 (2018): Agustus

ANALISIS LAPORAN AUDITOR INDEPENDEN NO. 11/048/01/NR.01/12 KEUANGAN BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS)

Mukhlishin Mukhlishin (Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Mataram)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2018

Abstract

Konsep akuntansi terhadap dana zakat yang dilakukan BAZNAS dilakukan berdasarkan nilai dasar tunai (cash basic) dimana model pencatatan transaksi akuntansi yang membukukan semua pendapatan yang sudah diterima. Dan dalam proses pelaporannya BAZNAS hanya membuat laporan sumber dan penggunaan dana dan laporan penerimaan dan penggunaan dana. Kajian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan lebih banyak bersifat uraian dari hasil studi dokumentasi. Data yang telah diperoleh akan dianalisis secara kualitatif serta diuraikan dalam bentuk deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data yang diperoleh dari jurnal, buku-buku literatur dan dokumen-dekomen yang dipublish di internet dan laporan keuangan Baznas. Kelemahan dalam penyusunan laporan keuangan BAZNAS NO. 11/048/01/NR.01/12 tahun 2012 adalah dapat dibagi menjadi dua secara umum yaitu: Pertama, Kelemahan Internal, yaitu kelemahan dari segi personal dan standarisasi dan pengawasan. Kedua, kelemahan Kelemahan eksternal: yaitu kelemahan dari segi pelaporan hasil keuangan (penyusunan jurnal) yang meliputi: a) Kelemahan pada kapasitas dan kepercayaan (capacity and trust building); b) Kelemahan pada teknologi yang digunakan; c) Kelemahan pada sistem informasi zakat; d) Kelemahan pada alur atau arus kas dari aktivitas operasi; e) Kelemahan  pada arus kas dari aktivitas investasi; dan f) Kelemahan pada arus kas dari aktivitas pendanaan, yang kesemua menurut penulis masih belum jelas sebagaiamana keinginan publik.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JUA

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

Jurnal Ulul Albab merupakan jurnal yang memuat karya tulis berupa penelitian maupun pengembangan keilmuan pada bidang ilmu-ilmu Sains, ilmu-ilmu sosial dan Humaniora berupa hasil penelitian, studi kepustakaan maupun tulisan ilmiah ...