Stabilita : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo Kendari
Vol 7, No 2 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil

ASSESSMENT KARAKTERISTIK KERUSAKAN LAPIS PERMUKAAN JALAN BERBASIS METODE PAVEMENT CONDITION INDEKS (PCI) (Studi kasus : Jalan Kancil dan Jalan Belimbing Kota Kendari)

Siti Nurjanah Ahmad (Universitas Halu Oleo Kendari)
Baso Mursidi (Universitas Halu Oleo Kendari)
Masdiana Masdiana (Universitas Halu Oleo Kendari)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2019

Abstract

ABSTRAKJalan raya merupakan infrastruktur transportasi yang sangat berperan penting dalam mengalirkan arus lalu lintas. Pada saat ruas jalan mengalami kerusakan, maka akan berdampak yang cukup  besar pada arus lalu lintas. Kerusakan jalan dapat dianalisis untuk mengetahui penyebab terjadinya dan alternatif penyelesainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kerusakan jalan dan nilai kondisi perkerasan jalan sehingga dapat menentukan cara perbaikannya yang terjadi yang ada pada ruas jalan Kancil dan jalan Belimbing Kota Kendari.Hasil analisis menunjukan bahwa Jenis kerusakan jalan yang terbesar pada ruas jalan Kancil adalah jenis lubang dengan luasan sebesar 38,96 m2 dan prosentase keseluruhan adalah 54,46% sedangkan pada ruas jalan Belimbing jenis kerusakan yang terbesar adalah jenis lubang dengan luasan sebesar 42,12 m2 dan prosentase keseluruhan adalah 49,72%. Dan nilai indeks kondisi perkerasan (PCI) rata-rata pada ruas jalan Kancil KM 000+1.900 adalah 36 dengan nilai kondisi buruk dan nilai indeks PCI rata-rata pada ruas Jalan Belimbing KM 000+1.400 adalah 39 dengan nilai kondisi buruk. Kata Kunci :  Assessment, Karakteristik Kerusakan Jalan, Metode PCI (pavement condition index)ABSTRACTHighway is a transportation infrastructure that plays an important role in flowing traffic. When the road is damaged, it will have a significant impact on traffic flow. Road damage can be analyzed to find out the cause of the occurrence and the alternative solution. This study aims to determine the types of road damage and the value of road pavement conditions so that they can determine the way of repairs that occur on the Kancil road and the Belimbing road in Kendari City.The analysis results showed the biggest type of road damage on Kancil road segment the area is 38.96 m2 and the overall percentage is 54.46% while the largest type of damage in Belimbing road is the type of hole with an area of 42.12 m2 and the overall percentage is 49.72%. And the index value of pavement conditions (PCI) on average on the Kancil KM 000 + 1,900 road segment is 36 with a value of poor conditions and an index PCI on the average Belimbing road KM 000 + 1,400 is 39 with a value of poor conditions Keywords :    Assessment, Road Damage Characteristics, Method Pavement Condition Index (PCI)

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

stabilita_jtsuho

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Transportation

Description

STABILITA hadir karena tuntutan intelektual dalam merespon isu-isu aktual terkait berbagai problematika dan menjadi wadah informasi bidang Teknik Sipil dalam konteks kekinian. Jurnal STABILITA ini mengangkat tulisan/karya ilmiah bidang Teknik Sipil (kajian transportasi, kajian struktur, kajian ...