pengendalian diri yang dilakukan oleh pengajar, pengajar belum secara aktif melaksanakan pengendalian diri, dengan pengertian bahwa pengendalian yang dilakukan masih bersifat longgar. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya pelanggaran yang dilakukan oleh mahasiswa.Tindakan indisipliner mahasiswa merupakan salah satu gejala yang timbul akibat kurang berjalannya fungsi pengendalian secara baik, sehingga pada akhirnya akan menghambat dalam mencapai tujuan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengendalian, prestasi belajar mahasiswa, dan hubungan pengendalian diri dengan prestasi belajar mahasiswa Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan teknik survey.Pendekatan analisis yang dipakai dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis statistik yang dipakai dalam penelitian adalah statistik nonparametrik. Sampel penelitian berjumlah 79 responden.Dalam melaksanakan tugasnya, maka pengajar mempunyai tugas dan fungsi mengajarsecara keseluruhan, diantaranya adalah harus melaksanakan fungsi pengendalian diri . Apabilafungsi pengendalian diri dilakukan dengan baik, maka tujuan yang diharapkan akan lebihbelajar akan memiliki dampak positif pada prestasi perguruan tingprestasi belajar. Prestasgi,Dengan adanya pelaksanaan pengendalian diri yang baik, maka dapat meningkatkan untuk itu sebuah perguruan tinggi harus berupaya untuk meningkatkan prestasi belajar denganberbagai cara. Sebuah perguruan tinggi dalam hal ini Universitas Pamulang jika memilikimahasiswa dengan prestasi belajar yang baik maka akan membawa nama baik perguruan tinggi.tinggi.Dari analisis untuk mengetahui hubungan antara kedua variabel maka diketahui dari perhitungan koefisien korelasi, berdasarkan interpretasi koefisien korelasi (Sugiyono, 2007:183), maka koefisien sebesar 0,655 termasuk dalam tingkat hubungan yang kuat antara pengendalian diri dengan prestasi belajarmahasiswa Universitas Pamulang. Dari perhitungan koefisien determinasi diketahui bahwa meningkatnya prestasi belajar (Y) dipengaruhi oleh pengendalian diri (X) sebesar 42,90% dan sisanya 57,10% ditentukan oleh faktor lain yang tidak diteliti. Pada uji hipotesis didapat nilai t hitung > t tabel, artinya hipotesis H1 diterima. Kata kunci : Pengendalian Diri dan Prestasi Belajar
Copyrights © 2016