Tourism Scientific Journal
Vol 4, No 2 (2019): Vol 4, No 2

ANALISIS PROSES E-BISNIS PERUSAHAAN PERJALANAN WISATA DI KOTA BANDUNG

Noor, Any (Unknown)
Suryana, Marceilla (Unknown)
Amalia, Sholihati (Unknown)
Putera, Irgi Buana (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2019

Abstract

Perkembangan teknologi informasi sangat pesat melanda berbagai bidang bisnis, termasuk perjalanan wisata. Jumlah perusahaan perjalanan wisata skala kecil dan menengah yang banyak beroperasi di Indonesia menghadapi tantangan dengan munculnya online travel agent (OTA), untuk itulah perubahan sistem bisnis harus dilakukan untuk bertahan dalam perubahan bisnis yang cepat kedalam operasional bisnis secara elektronik (e-bisnis). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa proses e-bisnis di perusahaan perjalanan wisata skala kecil dan menengah di kota Bandung. Analisa proses e-bisnis dilakukan pada kesiapan teknologi, kesiapan organisasi dan lingkungan luar perusahaan. Teknik penelitian kualitatif dilakukan untuk mendapatkan data secara akurat. Analisis konten dilakukan pada data hasil wawancara dengan para manajer di perusahaan perjalanan wisata. Responden pada penelitian ini adalah 5 perusahaan perjalanan wisata skala kecil dan menengah di kota Bandung (Bimex Tour, Binar Tour, TraveLab Polban, Segara Tour dan Ranata Tour). Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh perusahaan perjalanan wisata di kota Bandung sudah menjalankan bisnis secara elektronik. Perusahaan sudah siap dengan fasilitas dan SDM mengoperasikan teknologi yang digunakan perusahaan. Kesiapan organisasi sudah baik dengan komitmen menyediakan fasilitas dan dukungan dana yang diperlukan untuk menjalankan proses e-bisnis. Sementara pengaruh lingkungan luar perusahaan menjadi pendorong perusahaan melakukan inovasi dalam memasarkan produk perusahaan. dengan memanfaatkan aplikasi yang tersedia secara bebas. Dapat disimpulkan bahwa perusahaan perjalanan wisata skala kecil dan menengah sudah menjalankan bisnis secara elektronik dan mampu bertahan dalam lingkungan teknologi yang cepat berkembang. Penelitian lanjutan perlu dilakukan untuk mendapatkan proses e-bisnis yang utuh pada sisi proses bisnis elektronik dengan penyedia jasa (e-supply chain), mengelola hubungan secara elektronik dengan konsumen (E-CRM). Keywords: E-bisnis, kesiapan teknologi, kesiapan organisasi, pengaruh lingkungan luar, perusahaan perjalanan wisata

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

tsj

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Diterbitkan oleh Sekolah TInggi Ilmu Ekonomi Pariwisata (STIEPAR) YAPARI-AKTRIPA BANDUNG dan Asosiai Pendidikan Pariwisata Seluruh Indonesia (APPSI). Terbit dua kali pada bulan Juni dan Desember, dengan nomor ISSN: 2477-6912. Redaksi mengundang para pakar, akademisi dan prakrisi serta seulurh pihak ...