Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan menghasilkan perangkat pembelajaran Materi Suhu dan Kalor terintegrasi Thermoregulasi pada manusia menggunakan model PBL dengan kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model MCKenn. Dengan tahap Preliminary, Prototype Stage dan Assesment Stage. Pada tahap Preliminary diperoleh peserta didik berada pada tahap operasional formal dan mampu berpikir secara abstrak. Analisis materi diperoleh fakta, konsep, prinsip dan prosedur. Pada tahap Prototype Stage diperoleh validasi perangkat pembelajaran (Silabus, RPP, Handout, LKS, dan Penilaian) yang dirancang adalah sangat valid dengan persentase rata-rata 88,9%, 91,1%, 89,1% ,89,4% dan penilaian pengetahuan 82,50%, penilaian sikap 81,50%, penilaian keterampilan 84,50%, Penilaian praktikalitas LKS dan Handout dengan persentase rata-rata 71,56 % yang berarti bahwa LKS dan handout yang dirancang adalah praktis. Tahap Assesment Stage diperoleh uji praktikalitas dari keterlaksanaan RPP, angket respon guru, angket respon peserta didik dengan persentase rata-rata: 94,2%, 91,6%, 80,9%, 80,9%. Hasil uji efektivitas pada penilaian pengetahuan rata-rata 80,28 (B), penilaian sikap rata-rata 76.80 (Baik), penilaian keterampilan peserta didik rata-rata 83,62 (B) dan angket respon peserta didik 80,09%.
Copyrights © 2016