Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi cerita anak berdasarkan kemampuan membaca pada siswa kelas IV SD Negeri Maja Selatan V dengan menerapkan metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC). Metode CIRC ini lebih menekankan kepada kerja kelompok secara heterogen sebagai sarana memperkenalkan teknik terbaru dalam pengajaran praktis pembelajaran membaca dan menulis, sehingga memudahkan siswa untuk memahami isi teks bacaan yang telah dibaca. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Maja SeLatan V Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka. Hasil penelitian secara keseluruhan telah mencapai bahkan melebihi target penelitian yang ditetapkan. Pada siklus 1 pemahaman membaca siswa mencapai 50% dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu sebanyak 80%. Kemampuan membaca pemahaman siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan setiap siklusnya. Dilihat dari hasil belajar siswa pada siklus I persentase siswa yang tuntas sebesar 45% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebanyak 72%. Dari hasil observasi di setiap siklusnya, siswa menunjukkan hasil yang positif terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menerapkan metode CIRC, karena penggunaan metode ini menitik beratkan kepada keaktifan siswa sebagai subjek untuk mencari dan menemukan informasi dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode CIRC dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi cerita anak di kelas IV SD Negeri Maja Selatan V Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka. Kata Kunci: metode CIRC, kemampuan membaca pemahaman, pembelajaran Bahasa Indonesia.
Copyrights © 2019