Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 3, No 2 (2019): Edisi Maret 2019

ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMK MULTI KARYA MEDAN

Fita Fatria (Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah)
Tiflatul Husna (Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2019

Abstract

Abstrak. Proses kegiatan belajar mengajar dengan memanfaatan teknologi adalah proses  pembelajaran yang berbasis IT atau e-learning. Edmodo adalah sebuah Learning Management System (LSM) yang menyediakan beragam fitur yang bisa dimanfaatkan oleh guru untuk kegiatan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran e-learning berbasis edmodo dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa SMK Multi Karya Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas XII MM 1 SMK Multi Karya Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari observasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah proses pembelajaran e-learning berbasis edmodo pada mata pelajaran Bahasa Indonesia agar lebih menarik dan interaktif bagi siswa serta membuat pembelajaran di kelas menjadi tidak membosankan. Selain itu, pembelajaran e-learning berbasis edmodo memiliki keuntungan diantaranya tidak memerlukan kelas formal dalam penerapannya. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para siswa, guru dan kepala sekolah, serta civitas akademika dan  semua pihak agar dapat menggunakan media pembelajaran yang ekonomis dan efisien secara efektif guna mencapai tujuan pembelajaran berbasis e-learning.Kata kunci: Edmodo, E-Learning, Bahasa Indonesia Abstract. The process of teaching and learning activities by utilizing technology is a learning process based on IT or e-learning. Edmodo is a Learning Management System (NGO) that provides a variety of features that can be used by teachers for learning activities. This research is a qualitative research which aims to analyze the process of edmodo-based e-learning in Indonesian language subjects at Medan Multi Karya Vocational School students. Subjects in this study were students of class XII MM 1 Multi Karya Medan Vocational School. This research is a qualitative research. The data in this study were obtained from observations. The data analysis technique used consists of data reduction, data presentation, and conclusions. The results of this study are the process of learning edmodo-based e-learning on Indonesian language subjects to be more interesting and interactive for students and make classroom learning not boring. In addition, edmodo-based e-learning learning has the advantage of not requiring formal classes in its application. Based on the results of this study, it is hoped that it will be an information and input material for students, teachers and principals, as well as academics and all parties to be able to use economical and efficient learning media effectively to achieve the objectives of e-learning based learning.Keywords: Edmodo, E-Learning, Indonesian

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Bahastra

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal yang fokus menerbitkan Penelitian Bahasa; Penelitian Sastra; Penelitian Tindakan Kelas Bahasa; Kajian Pustaka; Pengembangan Bahan Ajar Bahasa; Media Ajar Bahasa; dan Penilaian Pembelajaran ...